Friday, April 27, 2012

Please Guard Me With Your Life…




A         :  “Gile tuh tukang ojek, bisa bawa motor ga sih!”
B         :  “Kenapa emangnya?”
A        :  “Semene-mene bawa motornya, nyalip sana, nyalip sini… udah tau jalanan sempit, kaki  gw baret nih nyangkut di bemper mobil… mana perih banget #ngurut2 kaki.”

He..he… gw yakin itu dialog yang umum,  paling enggak loe pernah sekali denger temen loe, or bahkan loe sendiri  berkeluh kesah soal pengendara motor.  Entah yang kebut-kebutan, yang ngelanggar marka jalan, yang sering nyabot jalan pengguna jalan lain…. Banyak deh. Kebanyakan n bakalan lama kalo gw sebutin satu-persatu.

Sangking sembrawutnya jalan raya dan acak-acakannya perilaku pengguna jalan, kayanya ampir tiap hari deh di rute rumah-kantor gw ngelihat kecelakaan, mo itu kecelakaan solo or kecelakaan jamaah #halah apa sih istilahnya. 

Awalnya sih ngilu kalo lagi naek motor trus ngeliat ada kecelakaan, merinding, trus mata jadi sangat belo dan waspada ngeliatin jalan, kecepatan langsung turun jadi 40 km/jam.  Tapi sekarang ini terus terang gw jadi kebas tuh, cuek aja ada perasaan ngeri tapi palingan bentar aja.


But I’m not gonna talk about it.  Gw mau melihatnya dari sisi yang berbeda, n gw berharap loe juga bisa see it the way I see it.  Jadi tadi pagi di jalan gatot subroto, gw sempet terkena macet beberapa menit,  ada apa yah? Gw penasaran… setelah sampe di lokasi, di sebelah pembatas antara jalur umum dan jalur bus way gw liat ada cowo berusaha ngediriin lagi motornya,  di deketnya ada cewe yang jalan pincang-pincang gitu nahan sakit berusaha ngambil helmnya yang kelempar 200 an meter  jauhnya. 

Beberapa kali gw juga liat ibu-ibu dipinggir jalan meringis gegara kaki or tangannya bedarah, pengendaranya yang biasanya cowo berusaha bediriin motornya. Dan seringnya si pengendara motor mengalami cedera yang lebih ringan daripada  yang di bonceng. Gw jadi kepikiran, kenapa gitu ya?  Kalo ngeliat posisi harusnya si pengendara berada lebih dekat dengan penyebab kecelakaan … gw coba pikirin itu, Tanya beberapa ahli, minta penjelasan beberapa dukun terkenal, coba lakukan semedi…. Eh ga sampe segitunya sih :D 

Satu penjelasan yang paling masuk akal n bisa diterima akal sehat gw yang standar banget, adalah karena posisi pengendara di depan maka, dia seper sekian detik lebih aware akan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Otomatis respon tubuhnya lebih cepat untuk mengambil tindakan yang mungkin dilakukan untuk menyelamatkan diri. Mungkin ga pada kondisi seperti itu dia mikirin keselamatan penumpang yang ada di belakangnya? I don’t think so!

Makanya demi keselamatan gw sering ngingetin penumpang motor gw, terutama perempuan, “neng majuan dikit aja duduknya, peluk aja ga papa kok, supaya lebih aman….” #evilsmirk

Anyway :D gw cuma sekedar mengingatkan ke pengendara motor, ketika orang memutuskan untuk diibonceng, they put their life on you lho! They really count on you. Mereka memasrahkan nyawnya di tangan loe. Jadi, Please guard it with your life! Itu artinya loe harus bisa membedakan cara bawa motor ketika loe sendiri ama kalo loe membonceng. Karena loe naik motor berdua, berarti kewaspadaan loe harus dobel dibanding kalo loe naik motor sendiri,  Kehati-hatian loe juga harus dua kali lipat, perhitungan sebelum mengambil keputusan minimal dua kali juga. Artinya you must do anything to make sure that you and the person with you sampai ketempat tujuan dalam keadaan selamat.

Nah baru kalo loe udah naik motor sendiri boleh deh terserah mo milih kecelakaan cara gimana. Tapi please kalo bisa kecelakaannya kecelakaan solo, yang tidak melibatkan orang lain. Kayak misalnya nabrak palang bus way (di mampang)… eh jangan deh itu ngerugiin orang banyak, sayang palang bus waynya. Apa aja lah gw yakin loe punya banyak pilihan kok!

Jadi ibu-ibu, para wanita… ingetin aja kalo suami or pasangan loe mulai mengabaikan faktor keselamatan ketika berkendara. Scene: Suami bawa mobil mulai ga sabaran, sabot sana-sabot sini…. “Pah, kalo papah berencana menjadikan mamah sebagai janda ditinggal mati, please kasih early warning yah!” “Maksud mamah apa?” Ini kan papah bawa mobilnya ugal-ugalan nih… jadi kalo mamah di kasih early warning, kan Mamah bisa persiapkan calon-calon pengganti papah. Wanita modern kaya mamah kan harus sangat prepare donk… *kedip-kedip”

 Jadi para pembonceng, pastikan orang yang loe titipin nyawa loe adalah orang yang bertanggung jawab. Orang yang bisa memastikan loe  sampai di tempat tujuan dengan selamat. Jadi jangan takut yah untuk ngingetin mereka.

“Bang ojek, tolong anter saya ke jalan depan, but please guard me with your life.” 
*peluk tukang ojek

No comments:

Post a Comment