Monday, June 23, 2014

KitKat di LG Optimus L3 E-400

Spesifikasi LG Optimus L3 E400 :
  • GENERAL    Network    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 ,3G HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
  • LAYAR    Tipe    TFT capacitive touchscreen, 256K colors
  • Ukuran    240 x 320 pixels, 3.2 inches (~125 ppi pixel density)
  • DIMENSI    Ukuran/Berat    102.6 x 61.6 x 11.7 mm
  • MEMORY    Internal    1 GB storage, 384MB RAM
  • Eksternal    microSD, up to 32GB
  • DATA    3G    HSDPA, 3.6 Mbps; HSUPA
  • WLAN    Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • KAMERA    Primer    3.15 MP, 2048x1536 pixels, autofocus, geotagging
  • FITUR    OS    Android OS, v2.3 (Gingerbread)

itu adalah sedikit info untuk spek yang dipunya ama LG E-400 gw. Jadi gw beli smartphone ini pas orang-orang lagi heboh-heboh ama Galaxy-nya Samsung n Android Ice Cream Sandwich. Gila yah ketinggalan banget gw. Pas orang udah make ICS, gw baru ngerasain android itu juga yang jadul. Coba aja, berapa jaraknya tuh dari Gingerbread (2.3) ke ICS (4.0).

Tapi, secara gw adalah orang yang sangat efektif dalam penggunaan gadget (ngeles supaya ga dibilang ga mampu beli smartphone high-end), gw cari yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti biasa kalo punya gadet baru, ini tangan langsung gatel buat ngebedah n oprek2. Cuma buat yang ini gw bisa tahan ampe  garansinya abis.

Garansi abis, gw langsung oprek-oprek, pas mau ngebedah trend udah berubah. orang-orang udah pada pake Jelly Bean.  Gw coba ngikutin, jelajahin om gugel. Ga ketemu, maksimal pake ICS itu juga yang ROM customize, Cyanogenmod 9. Sayang gw ga dokumentasikan proses opreknya, nanti gw cari-cari lagi catetan gw n gw posting.

Anyway, setelah make selama ampir satu tahun, menurut gw ICS Cyanogenmod 9 ga maksimal. Karena selain gw harus sering restart supaya pesan-pesan di whatsapps bisa masuk, portable hotspot gw ga bisa aktif, cuma bisa USB  tethering aja. Mungkin kelebihannya lebih cepet, itu juga karena tampilan dibikin lebih sederhana ama developernya cyanogenmod 9, ga banyak eye-candy ama animasi.

Akhirnya gw browsing-browsing lagi buat maksimalin kerja dan tampilan LG E-400 gw. Akhirnya nemu, ga perlu naek ke Jelly Bean dulu, tapi langsung ke yang terbaru, KitKat.

Perhatian!! Meng-upgrade dengan cara yang akan gw jelaskan, secara otomatis menghilangkan garansi LG L3 E-400 loe, juga menghapus semua data, jadi lakukan back-up dulu. Resiko tanggng sendiri ya,

Oks, gini caranya brai;

Sebelom Mulai:
  • ·       Back up dulu SMS, contact, dan data-data penting. Karena setelah ini semua data loe ilang. E-400 loe bakalan seperti hape baru lagi.  Pastiin klo LG E-400 loe udah di root, caranya ada di sini. 
  • ·       Battre minimal 60%, mendingan sambil ngecas aja biar aman.
  • ·       Enable USB Debugging di hape– “Settings > Applications > Development > USB Debugging” klo opsi development ga bisa coba tap terus ampe 7 kali atau lebih, kadang ada yg kaya gitu.
  • ·       Install dulu aja ClockWorkMod ROM Manager, loe bisa cari di google play, namanya ROM Manager, logonya topi.

Catatan:
Kalo yang gw jalanin, gw ga pake root ama install CWM lagi, mungkin krn sebelomnya gw udah upgrade dari Gingerbread ke ICS, tapi tutornya bilang harus root dl dengan CWM kalo dari gingerbread ke ICS.

Lanjut:
  • ·       Donlot ROM nya, Kalo gw baca ROM nya tuh punyanya Nexus, namanya Optimus Nexus Me, loe bisa donlot di sini.
  • ·     Kalo udah pindahin file yang loe donlot ke SD Card, jangan diektrak. Kalo gw cara mindahinnya masih pake cara barbar. Gw copot SD Card di hape masukin ke card reader, trus copy file yang di donlot dari computer ke SD Card. Kalo bisa sih SD card loe bersih udah diformat, biar system ga salah ambil file. Tapi kalo engga, ga masalah kok, system bisa mengenali file zip yang dibutuhin.

Eksekusi:
  • ·       Power off dulu LG loe.
  • ·       Dalam kondisi hape off, masuk dulu ke recovery mode, kalo di LG E-400 caranya  teken Volume down + Power + Menu secara bersamaan, kalo hape bergetar or muncul logo LG lepas…. Hape LG loe akan masuk ke ClockWork Mod recovery mode.
  • ·       Di sini tombol navigasinya (ke atas ke bawah, tombol volume up dan down) tombol enternya, tombol power.
  • ·       Sekarang lanjut ke wipe data enter, trus wipe cache enter… istilahnya format semua.
  • ·       Trus lanjut buat install KitKat. Pilih “Install Zip from SD Card” dan pilih “Choose zip from SD card
  • ·  Browse deh ke lokasi loe nyimpen file zip tadi yang didonlot. Nama filenya “ “E400_NexusKitkat_v2.0.zip
  • ·       Trus enter (tombol power)…… tunggu proses instalasi selesai kira-kira 15 menit.
  • ·       Klo udah selesai, pilih “Go Back” ama “Reboot System Now
  • ·       Voila, E-400 udah baru lagi, tinggal setting2 ama mindahin contact.

Sekarang LG Optimus L3 E-400 udah Android Kitkat, tampilan lebih eye candy disbanding ICS Cyanogenmod 9, akselerasi lebih cepet, warna dan tulisan lebih tajam, wifi ama portable hotspot, bekerja dengan baik dan ga bisa internetan dari jaringan provider. Jeng..jeng…!  

Ternyata perlu ada sedikit oprek di Access Point Names (APN)… gini caranya brai:
Pasca Instalasi:
·       masuk ke Setting >  More… > Mobile network > Access Point Names
·       Secara gw Pakenya Simpati, berikut settingannya:
-       Name : telkomsel
-       APN : telkomsel
-       Username : wap
-       Password : wap123
Yang laen diemin ajah…

Klo uda reboot… dan semuanya berjalan sempurna…….

Ples/mines:
  •       Secara keseluruhan gw suka. Tampilan booting oke, punyanya nexus, eye-candy ama text yang tajem, enak di mata. akselerasi cepet. Google play works, klo di ICS Cyanogenmod 9 ga bisa,
  •       Minesnya, makan source yang lumayan, yang tersisa di system gw cuma dikit gw cuma bisa nambah install whatsapps aja ama aplikasi-aplikasi yang bisa diinstal n dipindahin ke sd card, Apollo sebagai music player sering error
  •       Total nilai 85 dari 100. J
   Screenshot:









27 comments:

  1. Gan gimana ya supaya cepet masuknya ke cwm

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di atas ada caranya gan... dari posisi off teken Volume down + Power + menu

      Delete
  2. gan,ane nginstall rom ini ko bootloop terus ya ? jadi stuck di logo LGnya terus

    ReplyDelete
  3. ane juga sempet stuck juga gan.. coba cek lagi langkah2nya gan ulang lagi dari awal, biasanya boot awalnya bisa agak lama 15 menitan

    ReplyDelete
  4. Gan kok ganti bahasanya error ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya defaultnya bahasa rusia gan, tinggal ganti bahasa aja gan... sorry agak2 lupa gan, hape udah dilengserin ke ponakan

      Delete
  5. ini masih GB gan bukan kitkat beneran. di "about phone" emg ketulis v.4.2.2 tapi aslinya masih GB.
    baca disini gan : http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2568227

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah baru tau juga tuh gan, cuman ane ngerasanya jadi lebih ringan sama kaya Nexus 7 ane gan... ga ngerti juga klo itu kostuman dari gingerbread

      Delete
  6. Kalau mau ngebaliin ke GB gimna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja Gan, cuma tinggal download aja ROM yang GB, nantii pas pilihan ROM nya punyanya GB

      Delete
  7. gan kok gabisa ke mode recovery hp ane gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya bisa gan... coba pelan2 ikutin langkah2nya

      Delete
  8. Kalo setingan buat 3 gimana gan. Ribet nih browsing mesti cari wifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di sini gan...http://www.three.co.id/otasetting/

      Delete
  9. bang ini asli gak ?berabuah juga os andriod nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bukan keluaran resminya google... tapi lumayan lah

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Ituu tinggal gtuu doank..?? GAPPS nya gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai aptoide gan.... gw pakai itu untuk gantiin play store

      Delete
  12. Bisa main Clash of clans gak gan?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. LG E 400 memorinya kecil gan, kalau gw sih ga saranin....

      Delete
  13. cara down grade gmn gan? dari kitkat 4+4 ke jelly bean atau reset factory, segala cara sudah ane tepuh termasuk wipe data, tapi gak berhasil, hp LG E-400 ane gak bisa terima sms dan liat log call mohon tuahnya gan, thanks

    ReplyDelete
  14. Gan Kok Pas Ane Instal BBM buat andro 4.4 ga bisa ya

    ReplyDelete