Wednesday, July 27, 2011

Uler Melingker Di Atas Pager Bunder


Sounds familiar? Yups, gw juga dulu diajarin ngomong begitu dengan intonasi yang cepat, katanya untuk melatih kelancaran berbicara. Emang sih awalnya ribet,  tapi setelah lidah terlatih. loe pasti bisa ngomong, "Saya Suka Sama Situ Karena Situ Suka Senyum Sama Saya." Coba deh, ga pa pa ko', ga usah takut, ini bukan mantra, juga bukan hipnotis. Loe tetep bisa tidur setelah baca kalimat khusus ini. Loe ga bakalan kebayang-bayang muka gw.  *evil smirk*  
    
Jadi bertanya-tanya, ada ga ya ilmu kedokteran anak or ilmu linguistik yang khusus melakukan penelitian tentang manfaat  "pemelintir lidah", *halah bahasanya* kalo bahasa Inggrisnya tongue twister, bagi kelancaran berbicara anak. Atau penelitian yang menyatakan bahwa anak yang tidak dilatih dengan pemelintir lidah cenderung jadi pelo. Eh loe padaan tau pelo ga? Itu loh orang-orang yang ngomong RRRRR-nya ga jelas. Yang kedengeran saru antara "R" ama "L". Yang kalo ngomong kaya Cyincaw Rlaura. Mana becheck ga ada ojeck, gicu dech. Kalo gw tau pelonya Cyincaw Rlawura bisa jadi ringtone n menghasilkan banyak rupiah, gw ga mau deh melintir lidah, gw akan bilang,  "Mom, aku ga mau bilang Uler Melingker di Atas Pager Bunder, aku mau pelo aja kaya Cyincaw Rlaura biar orang se Indonesia ringtonenya suara aku." He...he...  

Eh tadi gw mo ngomong apaan sih di postingan ini? Suka lost focus deh. O.. Iya.  Gw mo ngomongin bagaimana orang-orang dulu, orang-orang tua kita, punya pemikiran yang simpel, pemikiran yang sederhana terhadap suatu masalah.  Kalo di Jawa, Supaya anaknya cepet bisa jalan n lari, dikasih makan ceker ayam. Kalo anak umur satu taun belom mulai melangkah, masih merangkak, si Ibu biasanya panik, dan yang kepikiran adalah mencampur bubur halus si anak dengan rebusan ceker ayam yang dihaluskan. 

Mmmm... Kalo pengen anak cepet lari kenapa ga dikasih makan kakinya leopard ya? ---Tau ga sih, larinya leopard itu bisa 120 km/jam. GILA, gw naek motor aja jarang-jarang nyampe kecepatan itu --- Kenapa? Karena orang tua dulu berpikir sederhana. Yaaa, susah kali nangkep leopard, belom lagi risiko kalo leopardnya laper, niat makan kaki leopard malah jadi santapan leopard *menertawakan kebodohan pertanyaan gw*.

Intinya orang tua dulu berpikiran simpel aja, kalo ayam adalah hewan yang larinya cepet dan memungkinkan untuk dikonsumsi. Ga ada pembuktian ilmiah yang menunjukkan bahwa gw sebelom satu taun udah bisa jalan gara-gara makan ceker ayam. Tapi yang gw tau Kucing Betina ngasih gw ceker ayam, n gw bisa jalan sebelom umur satu taun. 
 
Kalo di Padang beda lagi, orang tua mulai panik kalo umur satu taun anaknya belom bisa ngomong. Kenapa ya? Mungkin karena buat orang Minang, lidah adalah modal utamanya, untuk jualan kali ya, ini asumsi gw loh. Ga bisa dijadiin kesimpulan umum. Ga lucu kan kalo jualan gagap, "Dii..di..di..dipi..dipilih, dip...pi... dipilih!" Kalo orang Minang tuh jualan gini, "Ya, dipilih...dipilih...dipilih. Tangan pende' limo ribu, tangan panjang maliang." Enak kan dengernya... menarik, penuh wibawa, charming, n memprovokasi orang untuk beli. *beli bata buat dilempar ke tukang jualan maksudnya* :D 
 
Gw ngalamin paniknya Kucing Betina, makanya gw dibikinin opor lidah sapi supaya cepet n lancar ngomongnya ---Kenapa lidah sapi ya? Au ah, ga ada penjelasan rasionalnya kenapa bisa sapi yang dipilih--- katanya anak cukup satu kali dikasih makan opor lidah sapi, dijamin lancar ngomongnya. Mmm... Yakin nih Mommy cuma sekali ngasih gw opor lidah sapi? Ko' jadi ragu.... Jangan-jangan gw overdosis. Ko' gw  bawaannya pengen ngomong terus. Bukan cuma ngomong terus, gw juga pengen nulis terus... *panik* Jangan-jangan otak gw tidak terdiri dari jutaan serabut neuron. Mungkin kah otak gw terdiri dari jutaan lidah kecil yang masing-masing saling berkomunikasi?  "Mom, send me E-mail donk, inget-inget lagi, dulu I makan opor lidah sapinya sekali apa tiga kali." *pasrah menerima nasib*

Ada juga yang ngasih anaknya makan belut, katanya supaya pinter. Mungkin biar licin kaya belut, cerdik, lihai, dll. Gw termasuk yang dipaksa makan belut supaya pinter. Dan loe liat sendiri kan hasilnya. *"Eh, ga boleh bohong," kata the guy inside me.* Ups, gw ralat, loe liat sendiri kan gemana jadinya pak Habibie, or pak ahli fisika itu, pak Yohanes. Iya kan? "Itu gara-gara mereka rajin makan belut?" "ga tau deh, tapi yang pasti karena mereka rajin makan dan minum setiap hari.

Inti dari paparan ga jelas di atas, gw bangga dengan cara berpikir orang tua dulu yang  focus on the problem n be part of the solution.  Masalahnya apa? Lama jalannya. Dianalisa, dilihat pilihan solusi yang tersedia.... Diputuskan rebusan ceker ayam sebagai jalan keluar.  Apa yang jadi kendala? Ngomongnya lama n ga lancar. Dilakukan scanning terhadap pilihan solusi yang ada. Didalami pilihan-pilihan itu. Diputuskan kasih opor lidah sapi sebagai solusi. Gw ga mempermasalahkan apakah solusi orang-orang tua dulu menyelesaikan masalah. Tapi sekali lagi, mereka focus on the problem, mereka memiliki keperdulian terhadap masalah yang sedang n mungkin jadi hambatan besar bagi anak-anak mereka di masa depan. dan mereka berusaha keras, dengan keterbatasan dan kesederhanaan yang mereka miliki untuk be part of the solution.
   
Orang-orang tua yang  focus on the problem n be part of the solution yang sedang gw kangenin sekarang. Para pemimpin n handai taulan yang memiliki keperdulian terhadap masalah mereka yang dipimpin dan mengikutinya, dan menjadi pemecah masalah serta jalan keluar bagi rakyatnya. Tidak pernah ada dalam daftar yang harus gw kangenin mereka yang berpikiran rumit. Mereka yang berpikir kalo bisa dipersulit kenapa dipemudah. Gw ga akan ngangenin mereka yang mengambil keuntungan pribadi dari kesulitan yang dihadapi orang lain.
 
Jadi tolong titip peluk sayang dari gw buat orang-orang yang mungkin ada di sekitar loe,  orang-orang yang mungkin berada di sebelah loe, yang mereka adalah;
· Orang-orang tua jadul yang berpikiran sederhana, dan selalu memberikan solusi terbaik yang terpikirkan olehnya atas setiap masalah yang anak-anaknya hadapi. 
· Para guru yang dengan ide sederhananya, berusaha menuntun anak-anak muridnya menjadi manusia dengan budi pekerti yang baik namun memiliki mental yang kuat untuk hidup mandiri.
· Para Pemimpin yang dengan pemikiran usangnya memiliki keperdulian dan empati terhadap kesulitan rakyatnya dan selalu memiliki jalan keluar untuk setiap masalah rakyatnya. 

Could you do that for me?

1 comment:

  1. afwan om, ga bs peluk org disebelah.. yg dsebelah bukan mahrom.. (haha)

    tdnya mau ngasih kripik, jp harga singkong naik.. ga jadi deh, jadinya ngasih komen aja..
    bhs apa coba (doh)

    keliatan bgt ya om perbedaan kualitas masa nya.. ayo om, rasa kangen itu perlu direalisasikan dg membentuk pribadi yg focus on the problem n be part of the solution.. mulai dr diri sendiri terus ke ling. terdekat..

    ReplyDelete