Saturday, May 3, 2014

Menambahkan Furigana Pada Kanji Di LibreOffice


Libre offfice udah lama menjadi word processor andalan gw di laptop. Setelah sekian lama make Libre Office di laptop, baru engeh kalo di Libre Office gw ga bisa munculin furigana. Kalo soal nulis pake Hiragana ama kanji Jepang masalah udah soleved… tinggal add language aja di input metode preference… caranya ada disini.

Sekarang gemana munculin furigananya…. eh iya, furigana itu istilah bulenya, phonetic guide, cara baca sebuah kanji… kalo loe pernah liat komik Jepang, di atas huruf kanji ada lagi huruf kecil-kecil yang menunjukan gemana cara baca kanji tersebut. Kenapa butuh furigana, karena ternyata orang Jepang sendiri belom tentu apal n bisa baca kanjinya…. muke gile, mereka ribet apalagi gw. Oks gan, menuju TKP


Pastikan kalo di OS loe udah bisa ketik huruf Jepang, kalo di CentOS 6.5 gw tandanya ada huruf Jepang dengan tulisan Anthy di Pojok Kanan atas.

Defaultnya Libre Office, belum ada opsi Asian Phonetic Guide, Jadi harus diaktifin dulu. Caranya:
Buka Libre Office yang Writer juga gpp, trus masuk ke Tool – Option – Language Setting – Languages. Pada bagian Default language for documents, contreng pada Check box Asian, trus pilih Japanese.



Ta da…. Asian Phonetic Guide-nya muncul, coba cek di tab Format di Libre Office Write.


Sekarang loe dah siap ngetik tulisan Jepang dengan furigana, caranya tinggal blok Kanji yang mau ditambahin furigana trus masuk ke Format-Asian Phonetic Guide, di kolom Ruby Text, tulis hiragananya…


 Supaya lebih rapi aligment-nya ubah jadi center. Ta..da…. Jadi deh.


 Catt: respon agak sedikit lama… tp cukup oks buat gw. :D


Sumber: https://help.libreoffice.org/Common/Asian_Phonetic_Guide

3 comments:

  1. Bagaimana caranya biar furigananya ikut menjadi besar sesuai kanjinya ?

    ReplyDelete
  2. kalo furigana emang dibuat lebih kecil dari kanjinya, itu untuk bantu memudahkan baca kanji gan

    ReplyDelete