Tuesday, April 10, 2012

Batuk Pak Haji?


Ada yang beda seminggu belakangan di depan rumah jiban,  Bang Haji Umar  udah mulai keliatan lagi pagi-pagi bejemur sinar matahari pagi. Bang haji Umar adalah satu dari segelintir sesepuh Jiban yang masih tersisa. Umurnya kira-kira 80-an deh, selain itu ada juga bang Haji Mus, kalo yang ini sedikit lebih muda, gw masih sering ketemu Bang Haji ini lagi motoran, kadang gw juga numuin dia lagi ngimamin solat jumat di masjid deket rumah. 

Bang Haji Umar spesial buat gw, secara beliau rumahnya persis di depan rumah gw.  Kadang gw suka peratiin dia lagi belanja di tukang sayur gerobak yang lewat depan rumahnya ampir setiap hari, belanjanya sih dikit, becandanya lama…. N tukang sayurnya kayanya seneng banget becanda bareng Bang Haji Umar. Eh, doi itu duda, udah lama ditinggal meninggal sama istrinya. Dan yang hebat, dia tuh sangat mandiri… semuanya dikerjain sendiri, belanja, masak, nyuci baju, gw beberapa kali mergokin dia lagi njemur baju.


Bang Haji Umar melakukan semua sendiri bukan gegara dia engga ada yang ngurus loh, anaknya kalo ga salah ada 5 orang, tiga cowo’, 2 cewe’ dan semuanya udah menikah. Dan seperti kebiasaan orang Betawi. Mereka tinggal berdekatan dalam satu area. Seinget gw anak pertamanya, cowo’ pernah menjabat jadi lurah di Jiban, jadi kalo dia mo menikmati hidup berleha-leha sebagai orang tua yang sukses bisa aja sih…

But he decided not to…. Dia lebih memilih untuk hidup sebagai “jomblo” masak-masak sendiri, makan-makan sendiri, cuci baju sendiri, tidur pun sendiri…. #sing.  Nih aktivitas hariannya….  Jam setengah lima subuh, dia udah jalan ke masjid An-Nur yang jaraknya sekitar 1 kilo buat solat subuh… kira-kira jam setengah enam mulai deh dia olah raga, jalan-jalan nyeker bolak-balik ujung Jiban. Jam tujuh bejemur lanjut belanja sayur buat masak, trus nyuci baju, jam set 11 an dia mulai jemur baju. Aktivitasnya selesai. Sisanya dia gunakan untuk duduk-duduk menyapa tetangga yang lewat sambil menunggu datangnya azan untuk solat di masjid.  Begiti setiap harinya.

Bang haji Umar mudanya dulu adalah tukang angkut sampah rt 008 di jiban. Hebat yah, gw ga begitu tau dulu tanahnya banyak apa engga, tapi dari yang gw inget rumahnya segitu-segitu aja, sampe akhirnya anak-anaknya menikah, rumahnya di bagi-bagi supaya cukup buat anak-anaknya. Kalo cerita-cerita orang kampung, dulu tanahnya lumayan banyak, abis buat nyekolahin anak pertamanya sampe jadi sarjana n jadi lurah. Anak-anaknya yang laen, ga ada yang kuliah, yang perempuan praktis jadi ibu rumah tangga, yang cowo pensiunan bell boy hotel, satu lagi jadi sekuriti gedung.

Otak jemawa gw berpikirian, “masih lebih hebat Papa Bear! Masih lebih sukses bokap kalo begitu!” Perantau dari pulau seberang, jadi tukang bikin sepatu, anaknya banyak yang jadi sarjana n kerja kantoran. Tapi ternyata di sini misterinya Ilahi. Mungkin karena pikiran gw yang terlalu dagkal, atau emang Tuhan nyuruh gw untuk lebih banyak melihat, lebih banyak mendengar, lebih banyak memahami, dan lebih banyak Belajar!
Satu kejadian sederhana ama keluarganya Bang Haji Umar, merubah semua pandangan, semua definisi, semua keyakinan gw tentang arti SUKSES. Sekitar 3 minggu lalu, Bang Haji Umar udah ga pernah lagi keliatan bejemur di depan rumah. Ga pernah kedegaran suaranya lagi becandain tukang sayur. Ga keliatan jam 11 lagi jemur bajunya. Usut-usut ternyata beliau lagi sakit. Tetangga-tetangga langsung berkunjung buat sekedar nengokin.

Gw terus terang sempet khawatir, secara beliau udah sepuh, trus katanya sakitnya tuh ga bisa tidur, anak dan mantu-mantunya bergantian ga tidur cuma buat nemenin dia. Bukan Cuma anaknya loh.. mantunya juga, mereka bisa barengan tuh nemenin ngobrol Bang Haji sampe larut malem, it shows that they care. Selama masa ga bisa tidurnya Bang Haji, ga pernah ada yang absen, jadwal berjalan secara teratur tanpa ada yang merasa terpaksa atau di paksa.

Gw coba bandingin sama keluarga gw yang gw anggap sukses, Waktu bokap or mami sakit di rumah sakit, kita keluarga “sukses”  saling tawar menawar soal jadwal siapa yang mesti “bertugas” di rumah sakit. Kerjaan di kantor dan anak bisa jadi tameng yang ampuh. Walaupun akhirnya emang selalu ada sih yang nungguin. Sepertinya keluarga kami belum sukses. Kalo mo dihubungin ama ilmu manajemen, keluarga gw belom belajar dan belom memahami tentang skala prioritas. Kita masih suka salah menilai, mana yang bernilai tinggi, mana yang keliatannya bernilai tinggi.

Menurut gw Bang Haji Umar udah sukses mendidik anaknya sebagai seorang Manager, mereka paham bener arti prioritas. Keluarga, orangtua di atas segalanya. Mereka mampu menilai dan menempatkan posisi keluarga dan orang tua di atas hal-hal lain.  Bang Haji Umar sudah sekses menciptakan Manager-Manager andal di dalam keluarganya. Makasih Bang Haji untuk ilmunya, Cepet Sembuh ya…..

Terima kasih Allah, sudah memberikan waktu buat gw untuk terus belajar.

No comments:

Post a Comment