Thursday, March 29, 2012

I'm a Grown Up!


Rabu, setengah dua belas malem, mata udah agak males sebenernya buat terus nemenin otak gw yang pengen tetep menulis skenario-skenario kerja buat besok di kantor. Hot choco udah setengah gelas abis, gw butuh film yang bosenin buat menghipnotis gw n dalam hitungan ketiga gw bisa langsung tertidur lelap, lebih dalam dan lebih dalam.

Trans TV tayangin film yang tepat di saat gw butuhin, yang maen sih ganteng Ben Affleck, dan Uma Thruman, kalo diperatiin cantik juga yah, gemukin dikit lagi aja.... -halah apa sih- Mo pemaennya ganteng n cantik, tetep aja kalo cerita nya njelimet kaya gitu, ditayangin pas jam orang ampir tidur, tuh film mujarab banget buat obat tidur.

Lagi "asik-asik" nonton eh iklan, dasar iseng, ganti-ganti cenel, ampe akhirnya ketemu berita malem Metro TV. "Puluhan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di landasan terbang Halmahera, Pesawat Wings Air gagal mendarat dan dialihkan ke bandara di Manado." gitu kata pembaca beritanya.
Reaksi gw? yang pasti mata langsung melek, ilang kantuk gw saat itu juga, di tambah lagi running textnya bilang, "Mentri dan Wakil Mentri ESDM siap di penjara jika terbukti ada mark-up dalam penentuan harga BBM." gila ga tuh!


Balik lagi ke reaksi gw ngeliat aksi mahasiswa, sumpah, gw cuma cengir-cengir kuda.... he..he..., memori yang muncul di pala gw adalah saat gw nangis guling-guling deket lemari kaca sambil nendang-nendang gegara minta uang jajan ga dikasih ama Kucing Betina.

Sebagai anak laki-laki, udah bontot, ganteng, sekolahnya pinter gw tuh dimanja banget, hi..hi.... kalo orang Padang bilang "Anak dirajo" gw tuh irresistable, susah ditolak. Sayang aja gw minta dikawinin ama Andrea The Corrs nya sekarang, Kalo pas masih SD, gw yakin ga bakalan jadi penyayi dia, udah jualan nasi padang kali ama gw bedua di pasar kebayoran lama. Pokoknya kecilnya gw ga bisa nerima kata tidak. Segala subsidi yang gw perluin, pasti disediain, kalo ga ama Kucing Betina, ya ama kakak-kakak gw. Mo Sepatu NIKE, uang hasil keliling pas lebaran cuma 50 rebu, harga sepatu 200 rebu, dapet subsidi 150 rebu. Enak kan.... :D

And you know what, kalo keinginan gw ga bisa dipenuhin, senjata andelan gw adalah, merengek, nangis, guling-gulingan, merusak barang, Kalo kejadiannya di pasar or tempat umum yang laen, gw bakalan lakuin apa aja untuk menarik perhatian n mempermalukan Mami di depan umum.Aduh, mak... aduh sakit, pecah dah nih bisulnya.. hu...hu....pesis kaya sule di OVJ.  Ih tega yah ibunya, anak nangis ampe pecah bisulnya.... anak tiri kali ya?Supaya orang berpikir kaya gitu pas ngeliat gw, n Kucing Betina jadi malu dan langsung menuhin keinginan gw. (evil smirk)

Kalo kejadiannya di rumah, gw biasanya akan mulai banting-banting dan merusak barang, memancing emosi sampe akhirnya orang rumah nyerah n nurutin maunya gw. Eh iya betewe, itu lemari kaca udah pecah gegara gw minta uang buat beli mainan, seperti biasa guling-guling sambil nendang-nendang, dan alhasil kaki gw bedarah-darah, untung nyokap gw sayang , doi ga marah n ngebersihin luka gw, n gw dibeliin mainan. He..he... :D

It was me, I am a grown up now, I am a man, man don't whine! Pria dewasa ga  merengek! Reaksi yang sama gw tunjukin setiap kali pemerintah menaikkan harga BBM, reaksi seorang pria dewasa. Gw ga gulingan-gulingan di pasar kebayoran berusaha mempermalukan Presiden SBY dan menarik simpati Presiden Obama, sambil teriak-teriak,bisul gw mo pecah, tolong jangan naikin harga BBM!Atau gw ga melempar-lempar barang, merusak lingkungan sekitar, memancing emosi yang merugikan orang lain, kenapa? Karena gw pria dewasa, gw bisa dan akan terus berusaha berdiri di atas kedua kaki gw sendiri,  Kucing Betina n Papa Beruang udah ngajarin cara berdiri, berjalan sampe akhirnya gw bisa berlari, itu udah cukup buat modal gw untuk bisa terlepas dari subsidi mereka.

Mungkin loe dah bosen denger ocehan gw untuk pake Pertamax, BBM bersubsidi bukan untuk kita golongan yang sudah mampu beli kendaraan, golongan yang sudah mampu eksis setiap hari di dunia maya dengan membayar internet berlangganan 50 rebu setiap bulannya. Bukan untuk kita bangsa yang paling aktif  mengantri ketika ada gadet terbaru yang sedang tren. Bukannya lebih baik tangan di atas daripada tangan di bawah? Yang perlu kita lakukan adalah berfikiran dan bereaksi layaknya seorang dewasa.

Kita coba contoh orang Denmark, di sana, katanya negara dengan harga Bensin termahal di dunia. Yang terjadi adalah warga meresponnya dengan baik, mereka jadi lebih suka berjalan kaki dan bersepeda, mereka menjadi tidak terlalu berminat memiliki kendaraan dan gadget. Mereka marah kepada pemerintahnya? Engga kok, mereka sadar diri, mereka bukan negara penghasil minyak, masing-masing warga  mencari solusi menghadapi rintangan-rintangan yang mereka hadapi, itu respon yang sangat dewasa menurut gw.

Gw coba bandingkan dengan kita di Indonesia, ketika ada berita rencana kenaikan harga BBM, kita menjadi sangat khawatir, kalut, dan tidak lagi berpikirn jernih, sepertinya semua jalan keluar tertutup.  Partai politik, mo yang oposis or koalisi mulai berpikir memancing di air keruh, pedagang dan pengusaha mulai berpikir oportunis, sepertinya dunia kiamat.

Para pendemo berteriak-teriak memperjuangkan uang Rp.1.500 sambil menghabiskan sebungkus rokok yang harganya Rp.12.000. Mereka menuntut negara lebih memperhatikan kepetingan warga sambil meraung-raungkan kendaraan menguapkan ratusan atau bahkan ribuan liter bensin ke udara. Mereka memberi peringatan kepada pemerintah agar melakukan penghematan sumber energi, sambil berfoya-foya dengan listrik dan bahan bakar kendaraan pribadinya... Come on guy.... are you kidding me.

Gw jadi keingetan ancaman WHO kepada Indonesia, ketika Indonesia tetap menolak untuk menandatangain perjanjian bersama tentang mengotrolan penggunaan tembakau untuk rokok. WHO mengancan tidak akan memberikan bantuan kesehatan dalam bentuk apapun untuk penyakit apapun, kalau sampai tahun sekian -sorry gw lupa tahunnya sampai kapan- pemerintah Indonesia, masih membiarkan rokok bebas beredar dan tidak mengkontrol peredarannya. Gampangnya gini, kalo loe sendiri aja ga perduli ama kesehatan loe ngapain juga kita mesti perduli, mungkin itu pikiran WHO. Hal yang sama juga kita bisa jadikan pertimbangan dalam urusan BBM ini. Kalo kita sendiri aja ga perduli dalam penggunaannya, mungkin ga sih orang luar akan perduli.

Jadi, maksud gw, jangan memiskin kan diri... ati-ati loh, Allah Maha mengabulkan doa, apa yang loe fikirkan, itu yang bakalan diijabah, itu yang bakalan Allah wujudkan.Kalo harga BBM dinaikan, kita akan jadi makin miskin, harga-harga akan naik, daya beli masyarakat akan menurun....kalo itu yang ada di pikiran loe ya itu yang bakalan terjadi, karena kita makin terbiasa dengan tangan di bawah, ya jadi miskin beneran.

Bandingin ama reaksi gw, seorang pria dewasa,Kenapa? Harga BBM naik? Oooo.... alhamdulilah yah, sesuatu banget, berarti harus mulai mengatur ulang anggaran belanja gw nih, soalnya kan gaji ga naik, jadi pengeluaran untuk bensin harus dicukupin, itu artinya bisa sepedaan n jalan kaki lebih sering. Kalo rutin olahraganya, jadi bisa lebih sehat n sexy. Kalo sehat n sexy kan pikiran jadi seger, muncul aja ide-ide buat usaha, sukur-sukur bisa jadi kaya Steave Jobs, nyiptain LEPET. (Leptop Ekonomis Pake Energi Tape). Alhamdulilah, Insya Allah diijabah.... amin ya robal alamin.  

No comments:

Post a Comment