Saturday, February 25, 2012

Pelan-pelan Pir, Belon Kawin Nih!


 Kalo loe ngalamin masa-masa berngangkot buat beraktivitas kaya gw, pasti udah akrab ama judul di atas. Biasanya scenenya gini: Bus metro lagi penuh, di dalem orang udah dempet-dempetan sambil nutup idung, trus tau-tau dengan tampang panik, kenek di belakang dengan suara lantang cemprengnya teriak, “Lay, tiga belas rapet belakang..” Biasanya tuh supir bus malah jadi ga kalah panik dari asistennya. Langsung tancap gas, ngebut zig-zag ala Ayrton Senna, berusaha menjauh dari kejaran si tiga belas. -halah- Ayrton Senna, jadi ketauan deh umur gw. Nanggung, Ayrtone Senna itu pembalap formula 1 Brazil. Sebelom ada M. Schummacer, ria tuh rajanya formula 1.

Balik lagi soal bus yang ngebut zig-zag tadi, penumpang kelampar sana-sini, udah berasa kaya karung beras. Tiba-tiba ada aja yang nyeletuk bilang, “Pelan-pelan Pir, Belom Kawin nih!” Ga ngerti juga, mungkin tuh penumpang udah putus asa, dah keabisan akal, bisa jadi sebelom ini si penumpang udah pernah ngingetin soal mati, “ati-ati Pir, inget mati, or ingt Tuhan!” tapi ga pengaruh ama si Supir, kali aja kalo diingetin soal kawin, si supir langsung tersadarkan. =))


Kalo udah gini, biasanya gw n temen-temen ngangkot jadi kreatif banget deh. Pas lagi ngebut-ngebut gitu ada penumpang yang pengen turun, langsung kita ingetin supirnya... “Pelan-pelan Pir, nenek-nenek hamil bawa gitar,” Ha..ha... I miss that moment. Secara sekarang status sosial gw dah meningkat, gw dah ga ngerasain lagi tuh kelempar-lempar di dalem bus, naek motor donk gw. -cuma naek motor aja ga ya bener- :D

Sebagai orang yang sudah meningkat status sosialnya, pantangan donk sabtu-minggu kerja. Seperti orang-orang lain, gw beberes kamar, sambil menata tempat buat aquarium baru (Bold, Italic, Unreline, font 30 pt) berukuran 1 meter yg baru gw beli... he..he... -penting ga sih- sambil beberes, gw nonton metro siang di TV. Judulnya lumayan menarik perhatian gw. Pelanggaran Lalu Lintas, di situ, mbak Preeta pembawa acaranya, sedang mendiskusikan hasil penelitian tentang pelanggaran lalu lintas yang dilakukan kepolisisan, tamunya seorang bapak polisi.

Sebenernya biasa aja sih bahasannya, toh kita udah terbiasa kan dengenrin soal pelanggaran lalu lintas, soal pelanggaran lalu lintas itu udah jadi makanan kita sehari-hari. Orang nerobos lampu merah, berhenti di zebra cross, mengambil hak pejalan kaki. Itu udah jadi tabiat kita kok, mo kita terima or engga yang pasti, itu yang kita tampilkan dipermukaan.

Tapi yang bikin gw kaget adalah hasil penelitian bapak Pulisi yang bilang, lima puluh koma sekian persen pelanggar lalu lintas adalah Pegawai swasta, tiga belas persen adalah supir angkutan umun dan yang paling kecil adalah pelajar. Oh.. My... Goat! Apa ini artinya pegawai swasta lebih agresif dalam membawa kendaran dibanding si lay supir anggot. Apa mulai sekarang gw harus lebih takut, kalo ngerliat mas-mas pake hem berkerah or dasi yang bawa mobil dari pada supir-supir angkot berkaos dekil. Apa mbak-mbak berbaju kantor lebih menakutkan dari pada supir-supir angkot?

Berkaca dari kasus supir maut yang menewaskan 9 orang, dan juga si supir adalah pegawai swasta, gw mencoba menyampaikan ke kita semua pertanyaan mbak Preeta, apa yang terjadi dengan kita? Apa yang terjadi dengan pegawai swasta? Bukankah seharusnya kita memiliki intelegesi yang lebih tinggi dari para supir angkok? Bukankah kendali emosi kita harusnya lebih bagus dari para supir angkot yang memang kurang lama mengenyam pendidikan? Dengan tingginya pendidikan yang kita enyam harusnya kan kita lebih mengerti peraturan dan memahami manfaatnya. What is wrong with us guys? I am asking, pourqoi? -God, sumpah gw ngerasa prihatin-


Gw coba berpikir positif, mungkin ini artinya para sopir angkot udah naik kelas, mereka udah menjadi orang yang berintelegensi tinggi, mereka sekarang lebih mampu mengendalikan emosi ketika sedang berkendara di jalan. Tapi kalo perimbangannya adalah turunnya level para pekerja, malah jadi bahaya ga sih? Karena kalo mau di survei, jumlah penendara kelas menengah, para pegawai swasta jumlahnya lebih banyak dari pada supir angkot. itu artinya kalo bener begitu, gw bakal lebih merasa terancam ketika harus beriringan dengan mobil pribadi dari pada di samping supir angkot.

Apa gara-gara terburu-buru? Dikejar waktu? Ga sabar pengen nyampe rumah, ketemu keluarga? Tapi bukan berarti loe bisa dengan bebas melanggar lalulintas kan? Atau berlaku semena-mena dijalan raya kan? Dan yang terpenting, bukan berarti loe boleh membahayakan orang lain dan “playing God” karena mereka juga sangat ingin bertemu keluarga. Jangan sampai ketidakmampuan mengendalikan emosi di jalan raya membuat salah satu dari kita ga bisa ketemu keluarga, So help us GOD!

Jadi, Pak Manager biarpun dikejar waktu buat meeting, Bu Keuangan walau harus cepet sampe rumah tetep tenang yah bawa kendaraannya, taati peraturan lalu lintas. Insya Allah bisa sampai tujuan tepat waktu dan selamat. Drive safely!

No comments:

Post a Comment