Sunday, February 12, 2012

Yuks Ketawain mereka



Minggu pagi, sebenernya males banget mo bangun buat sepedaan, pengennya tetep melepas kangen sama bantal n guling gw, lagian gw senen n selasa masih belom kerja. Cuma gegara perut gw masih dalam masa pertumbuhan -cuma perut sayangnya- dan yang mengerikan bertumbuhnya tidak hanya ke depan tapi juga ke samping kiri dan kanan. Gw paksain untuk niatin diri minggu pagi buat sepedaan. Ingat! Kegemukan itu terjadi bukan cuma karena niat si pelaku, tapi juga karena ada kesempatan, jadi waspadalah...waspadalah! -halah apa sih-

Terus terang soal perut mengembang ini agak memberi gw rasa takut, kalo sampe terjadi kegemukan itu, selain ga baik buat kesehatan juga akan mengganggu neraca keuangan rumah Jiban, berarti kan gw harus beli jeans baru, ngejait celana kantor yg baru, trus beli vest buat menutupi gelembung-gelembung tubuh gw, yang paling ekstrim kalo sampe semua usaha menutupi dan menyembunyikan lemak gw ga berhasil, berarti kan gw harus mengeluarkan uang ekstra banyak buat beli Kozui Slim Suit, itu loh stagen yang ada di TV Shopping yang bisa bikin langsing dan murah, hanya 9.999.999... eh bener ga sih harganya?


Rupanya rasa takut itu cukup untuk membuat gw bangun pagi-pagi buat sepedaan. Dan memulai lagi sepedaan setelah dua bulan off ternyata susaaaaaaaah bener. Gegara kantor gw punyanya toilet kering yang ga bisa di pake buat mandi, emang 2 bulan belakangan gw ga lagi bike to work. Gerah soalnya kalo cuma elap-elap aja abis sepedaan. Beberapa temen sih ngasih saran, ada yang masuk akal, ada yang ngaco ga jelas.... he..he.. but thank you anyway. Dari yang nyaranin, “udah mandi aja di musola depan kantor, kan loe bisa sekalian solat duha...” sampe yang nyaranin, “loe deketin aja tukang kebon kantor, pas dia lagi siram-siram taman, loe ikutan mandi, kaya di pilem-pilem India gitu deh...”

Singkat cerita, dengan tergopoh-gopoh sambil dengerin Ipod pink gw -yang bikin penampakan gw makin jantan- gw menggenjot sepeda dari FX menuju monas, kayanya cuma bakal kuat 1 kali putaran aja. Seneng sih, ternyata pagi tadi lokasi carfree day udah bebas pedagang, bebas dari stan-stan produsen yang melakukan marketing kampungan yang membuat acara sepedaan gw yang lalu-lalu jadi ga lagi menyenangkan. Gw semepet liat ada bapak-bapak yang ngaso di pinggiran sambil ngerokok tapi sambil ngumpetin rokoknya, soalnya udah jarang orang yg ngerokok di sana :D Thank you Bang Foke, thank you pemda DKI or siapapun yang berhasil mewujudkan hal ini terjadi. Tinggal kitanya nih, si pelaku, pengguna jalur carfree day untuk lebih perduli, soalnya gw liat masih ada aja yang buang botol bekas minuman ama bekas gorengan yang kayaknya dibawa dari rumah, or di beli di jalan menuju lokasi carfree day berserakan.

Asik menggenjot, sampe di bunderan HI, gw liat ada 1 stand informasinya Pemda DKI, dengan berapi-api si bapak mengingatkan untuk memperhatikan etika-etika yang berlaku selama beraktivitas di lokasi carfree day, kaya ga membuang sampa sembarangan, tidak membagi-bagikan brosur promosi yang menimbulkan sampah, dan tidak merokok di area itu, bahkan si bapak keliatan semangat banget, peran-pesan itu di sampaikan sambil bernyanyi :D salut deh biar pun tuh lagu ga enak, tapi gw tetep suka dan menghargai mereka yang melakukan usaha terbaiknya untuk membuat Jakarta menjadi lebih baik.

Persis di sebelah gw sepedaan, seorang bapak yang lagi sepedaan bareng istrinya dengan terkekeh sinis bilang gini...” he..he.. sepi, ga ada yang dengerin.” Gw ngerasa, JLEB! Kok gitu sih pak, seolah kalimat yang dia ucapkan berarti, “ngapain juga dengerin loe, terserah gw donk, gw mo buang sampah sembarangan, gw mo ngerokok, gw bayar pajak ini, tugas loe donk buat bersihin semuanya supaya gw ngerasa nyaman.” Apa sudah sebegitu tinggi tingkat ketidak perdulian warga Jakarta? Apa warga Jakarta seegois itu ya? Apa udah sebegitu dalam pemerintah melukai hati rakyatnya sampe hal yang merupakan kebenaran tidak lagi di dengar warganya -sedih- padahal gw pernah denger hadist yang bilang, “Kalaupun kebenaran itu datangnya dari seorang pelacur, maka ambil lah.” -tolong koreksinya ya, kalo salah- Kalo gw, se “acul-acul” nya pemerintah, kalo yang di sampaikan benar, gw dengan hati lapang akan menerimanya.

Gara-gara ga sengaja denger komentar si bapak, mesin-mesin di otak gw langsung berputar dengan kecepatan 7200 rpm, kecepatan maksimal sebuah hardisk. “Trus gemana lagi caranya supaya bisa membuat masyarakat Jakarta lebih perduli? Apa yang mesti dilakukan supaya masyarakat Jakarta merasa memiliki dan mau membuat jakarta lebih baik? -Berasa buntu-

Mungkin kita emang udah ditakdirkan sama Tuhan kali ya, harus hidup dengan banyak kelamahan, kita warga Jakarta harus hidup sebagai warga yang egois, tidak perdulian, mementingin diri sendiri, seneng melihat orang menderita, tertawa di atas penderitaan orang lain, mungkin Tuhan belom bisa mempercayakan kita sebuah kekuatan, weakness kita lebih dominan dari strength kita. -Sedih :(

Wait the minute! Weakness ama Strength, kayanya gw pernah belajar soal ini. Analisa SWOT... ha..ha.... Strength, Weakness, Oportunities, Treath. Banyak juga motivator yang menggunakan analisa ini sebaga materi motivasinya. Gw jadi kepikiran gemana kalo weakness yang ada pada diri kita dijadiin strength.

Loe pernah liat di youtube kan seorang ibu pembela hak pejalan kaki yang dengan “egoisnya” berjalan di pedesterian dengan “tidak perdulian” dan “mementingkan diri sendiri” melawan arah menerobos rombongan motor yang dengan “elegan” naik ke jalur pejalan kaki untuk menghindari macet :d dengan sangat terpaksa pengendara-pengendara tadi turun dari pedesterian dan harus menderita bermacet-macetan. It works! Cara si ibu berhasil, dia berhasil menjadikan weakness nya sebagai strength. Dia speak up, mengungkapkan keberatannya terhadap para pengendara sepeda motor yang telah mengambil jalannya dengan cara menjadi “egois” dan “tidak perdulian”. Beliau menjadikan weaknessnya sebagai strength. Ibu, I salut you.

Gw jadi kepikiran cara yang lain, gw kadang masih suka seneng melihat orang menderita, ketika ngeliat orang jatoh kepeleset gw bisa dengan spontan ketawa, menikmati pemandangan orang ketika sedang menderita, beda banget ama orang bule kalo ngeliat ada orang yang jatoh, tuh bule biasanya buru-buru ngampirin sambil bantuin orang itu bangun n bilang “are you okay?, “are you sure?” -bad donatello.... pentung-pentung diri sendiri- Gemana kalo kebiasan buruk, weakness gw, menertawakan orang yang kesusahan gw jadiin strength? Sounds good idea ya? Ga kebayang ya?

Gini contohnya... Loe lagi di bus, padahal ada tanda rokok dicoret, trus ada tulisannya “dilarang merokok di dalam bus ini.” Tau-tau dengan semena-mena ada seorang cowo ngerokok, loe langsung aja ketawa untuk menarik perhatian, kaya gini nih..”Ha..ha... Parah! Parah bener, ha..ha.. ga kuat gw, udah tua ga bisa baca.... ha..ha... kasian bener udah taun 2012 masih ada aja yang buta huruf.” sambil nunjuk-nunjuk tanda dilarang merokok itu. =)) gemana menurut loe? Gw yakin tuh orang bakalan matiin rokoknya.

Atau contoh yang ini, loe lagi di jalan, trus tiba-tiba ada wanita dengan anggunnya membuang tisu sembarangan. Ketawain aja. “Ha..ha.. kasian cantik-cantik masih buang sampah sembarangan.” sambil bisik-bisik ke temen loe. “mungkin ga diajarin kali di sekolah.” “iya kali ya...” “Kasian ya.”

Agak gila ya? But it might work! Guys ini cuma saran gw aja boleh kok loe praktekin, intinya you need to speak up, Kasih tau keberatan loe terhadap mereka yang masih egois, semena-mena, dan mementingkan sendiri. Mereka yang masih merokok di ruangan ber AC, mereka yang tisu dan botol bekas minuman sembarangan, mereka yang membiarkan sisa-sisa makanan berserakan di acara pesta pernikahan atau apapun itu, jika loe merasa keberatan, kasih tau! Jangan biarin keburukan mendominasi kebaikan. Jangan sampai yang benar suaranya kalah kenceng dari yang salah.

Sebagai perbandingan di Amerika yang katanya “Marlboro Country” orang ngerokok itu udah kaya melakukan dosa, sampe pemerintahnya mengenakan “Sin Tax” pajak dosa untuk rokok dan harganya gila! 1 bungkus $13,92, kira-kira 130 rebu. Mereka yang merokok akan ngumpet-ngumpet karena dipandang rendah. Udah ga ada lagi tuh artis-artis hollywood yang merasa jantan or bangga karena merekok, mereka cenderung menyembunyikan kebiasaan merokoknya. Udah ga muksin lagi kali anggapan cowo merokok itu jantan... itu taun 60-an. Cowo jantan itu adalah cowo yang sepedaan dengan bicycle pant ketat sambil dengerin Ipod pink, kaya gw -halah-
Udah bukan jamannya, cewe yang dibilang cantik dan anggun adalah cewe yang sambil jalan buang tisu merate-rate dan berharap ada cowo yang mungut... neng itu mah tau 40-an waktu pilem-pilem bisu. Cewe anggun sekarang adalah mereka yang dengan elegan mendatangi tempat sampah membuang tisu dan botol bekas minumnya di sana -peluk-


Yuks, kita ketawin mereka yang ga bisa baca dan hidup di jaman dulu....
Siap... satu...dua...tiga... HA..HA...HA...

No comments:

Post a Comment