Thursday, June 23, 2011

Aku Padamu, Jakarta




Sebenernya ga mau ikut-ikutan terbawa uforia warga Jakarta dalam menyambut hari jadi kota Metropolitan ke-484 ini. Rasa cinta dan bangga gw terhadap Jakarta ga perlu gw gembar-gemborin, ga perlu di ketahui semua orang, cukup gw dan Jakarta aja yang tau, cukup kita berdua aja yang ngerasain :D Gw... Jakarta.... like this. *crossing my finger*

Cuma karena kemaren orang pada heboh, dan sayangnya yang di hebohkan itu adalah hal-hal yang menurut gw, menunjukan kekecewaan mereka terhadap Jakarta. Mao itu di Tipi, di twitter, or media-media lainnya, gw merasa perlu bikin tulisan ini, n nunjukin ke semua orang betapa bangganya gw terhadap Jakarta.
Mereka bilang Jakarta macet, kotor, panas, penuh polusi, semrawut, preman ada di mana-mana, dan banyak lagi deh yang laen, yang bikin ati betawi di dada ini berkecamuk antara marah n sedih. Well, apa yang mereka bilang bener ko. Bukan berarti gw cinta banget ama Jakarta, trus gw akan menyanggahnya mati-matian dengan berbagai alesan or ngelimpaihin kesalahan ke orang lain. Cinta gw ke Jakarta bukan cinta buta, cinta gw buat Jakarta cinta yang tulus... kita udah bersama sejak gw lahir, itu yang bikin cinta gw ke jakarta begitu dalem, no matter what. Cinta gw tanpa sarat.

Jakarta emang macet, semrawut, penuh polusi, trus salah Jakarta? Mmm... r u sure? I don't think so. Salah para pemimpin yang ada di Jakarta? O iya... itu ga perlu dibahas lagi... dari nenek-nenek ampe bocah udah tau, Pemerintah Daerah belum melakukan sesuatu yang signifikan untuk merubah kondisi Jakarta. Tapi apa kontribusi loe? Gw pernah dapet kata-kata gini.... ternyata ngebaca itu lebih gampang dari pada nulis. Tapi emang iya, buktiin deh. Dan itu terjadi pada diri kita, warga Jakarta yang lebih mudah ngebacain kesalahan yang ada di Jakarta dari pada nulis kesalahan n kontribusinya sendiri yang bikin Jakarta jadi seperti sekarang ini.

Sekali lagi pertanyaanya “Apa kontribusi loe?” Jakarta panas, terus apa yang loe lakuin. Kalo gw sebagai bentuk cinta gw ama Jakarta, untuk mengurangi panasnya jakarta, mengurangi efek rumah kaca di Jakarta ini, Gw ke kamar n matiin AC, gw lebih memilih tidur bertelanjang dada, supaya gw bukan termasuk warga yang memberikan kontribusi menjadikan Jakarta panas. Gw lebih memilih ke kantor bersepeda, or menggunakan transportasi publik untuk pergi-pergi. Gw menanam pohon di depan rumah. “Yah, klo cuma gitu doank mah ga akan ngaruh, Jakarta tetep panas. Cuma loe doank yang naek sepeda, matiin AC, naik angkutan umum, ratusan orang, bahkan ribuan orang menggunakan AC semena-mena, naek motor ke ujung komplek cuma untuk beli pulsa, rumah ga ada taneman karena udah ada AC, satu lawan seribu.Ga akan berhasil!” Gw yakin bisa, loe mau kan, jadi orang yang kedua, ketiga, keempat, biar nanti jadi 2: 999; 3:998.... sampe akhirnya jadi 1.000:1, biar nanti jadi terasa aneh klo loe mampir ke rumah temen n dia nyalain AC, klo orang ngantor naek motor bakalan di tanyain, “Loe imigran dari planet Mars ya, ko ngantor ngga sepedaan? Loe tau keberhasilan itu dimulai dari langkah kecil, Jakarta adem n bebes polusi dimulai dari aku. “Loe mau jadi Aku? “Loe mau jadi yang kedua, ketiga, keempat dan seterusnya?”

Trus, Mereka juga bilang Jakarta macet n semrawut? “Kontribusi loe apa?” apa loe termasuk yang markir kendaraan sembarangan di jalan, padahal ada gedung-gedung yang bisa loe gunain untuk parkir, cuma jalan sedikit ko' Apa loe juga termasuk yang menggunakan trotoar, mengambil hak pejalan kaki supaya motor loe ga kena macet? Apa loe termasuk yang melindas zebra cross ketika berhenti di lampu merah cuma karena ingin jadi yang petama lolos dari lampu merah *tetep bertanya kenapa? Apa klo duluan berpengaruh ama gaji? Pengaruh ama nilai di rapot?* Apa loe yang sering melawan arah, supaya ga harus muter terlalu jauh? Bro, loe naek motor or mobil... lo ga harus nggenjot kan :D

Well, my answer is crystal clear. It's not me. I'm not that kind of person. Gw akan biarkan pengguna jalan mendapatkan hak jalannya, tanpa harus diganggu motor or mobil gw yang parkir sembarangan, gw akan biarkan pejalan kaki menikmati trotoarnya. Motor gw ga akan lewat situ. Karena menurut gw itu hak mereka, gw ga akan ngambil or menggunakan yang bukan hak gw. God, please forgive me if I do such thing. Gw ga akan membuat pengendara lain ribet n kerepotan gara-gara gw ngelawan arus. Gw ga akan biarin penyeberang jalan mempertaruhkan nyawanya menyebrang bukan di zebra cross karena gw nginjek zebra cross mereka. Gw akan sangat merasa berdosa kalo mereka harus bertarung nyawa, mempertaruhkan keselamatan cuma karena keegoisan gw.

Sekali lagi, 1:1.000, Setuju... bener. I'm not gonna deny it. “Tapi, loe mau kan jadi yang kedua?” supaya jadi 2:999.... sampai akhirnya jadi 1.000 : 1, supaya nanti akan terasa aneh klo ngeliat orang parkir di pinggir jalan. Orang akan mendapat tatapan ga ngenakin kalo berenti di lampu merah tapi nginjek zebra cross. Orang yang menggunakan trotoar untuk jalur motor akan merasa malu. “Mau kan? Gw yakin loe bisa n mau. Supaya Jakarta ini ga macet n semrawut.” :D

Terus, mereka juga sering mengeluh betapa kotornya Jakarta. Untuk sebuah ibukota...Jakarta kotor, tidak pantas mengingat ini tempat Presiden menetap, tamu-tamunya datang berkunjung. Dengan segala perangkat yang dimiliki, harusnya Jakarta bersih!... Tapi, kenyataannya Jakarta kotor, tapi bukan gara-gara loe yang punya kebiasaan buang sampah dari jendela mobil kan? Juga bukan karena loe hobi ngumpulin kantong plastik dari toko or swalayan kan? Atau karena loe perokok, abu, asep n puntungnya berserakan di sembarang tempat, bukan karena itu kan?

Kalo loe baca tulisan gw, Breaking The Habit, loe akan ngerti kebiasaan buruk itu akan dengan mudahnya menjadi bagian dari diri loe tanpa loe sadari, buang sampah sembarangan akan menjadi seperti darah buat loe, koleksi sampah yg sulit diurah menjadi bagian tak terpisahkan dengan tubuh loe. Gw ga mau hal buruk itu terjadi pada diri gw... or keturunan gw nantinya. Kalo gw, gw akan bilang ama tukang bubur di depan kantor, “Bang, ga usah pake sendok plastik, saya ada sendok ko di kantor.” Di Harco, mangga 2 or di mini market, gw akan bilang, “Mbak, ga usah diplastikin, biar saya masukin tas aja. Gw akan pegang terus sampah bungkus permen, botol kosong air mineral, sampe ketemu tempat sampah. Apa ini bisa bikin Jakarta jadi bersih? Bisa, kalo loe mau jadi yang kedua, ketiga dan seterusnya. Percaya deh ama hati loe. Setiap loe melakukan apa yang gw sebutin di atas, hati terdalam loe akan ngasih tu ko' yang loe kerjain bener apa salah. :D


Jadi, Jakarta, jangan khawatir, masih banyak ko yang sayang sama loe, Seperti gw bilang cinta gw ke loe tanpa syarat. Dan gw Yakin, banyak bertebaran di sana yang akan menunjukan cinta tanpa syaratnya ke eloe, seperti yang gw lakukan sekarang.

Aku Padamu, Jakarta... Happy B'day *huge hug for Jakarta*


Tulisan ini dibuat karena perasaan galau gw mendengar banyak orang mencemooh Jakarta di hari istimewanya.

5 comments:

  1. gak gombal kn, spt yang uda uda ... hahahaha

    ReplyDelete
  2. Engga donk senseee... yang ini tulus, lus, lus *halah*

    ReplyDelete
  3. wah, bagus bgt nih, harus disebarluaskan! Buat ksh tau masyarakat tertentu yg bisanya cuma nyalahin Jakarta. Padahal manusianya man, yg hrs dibenerin!

    ReplyDelete
  4. @Anonymous: sekedar mengingatkan diri sendiri.... sok silakan di share... :D

    @Rani: Hi..hi... my personal opinion, mudah2an banyak yang mau jadi yang kedua, ketiga dst..

    ReplyDelete