Tuesday, June 21, 2011

Gini nih, Kalo Kerja Kebereg!



Ape Bang? Kebereg, klo kerja dibereg, hasilnya kaya gini. GLEK! Aaaaa...paa....an tuh? *mata dikedipin atu kaya bang Jaja* Gile bener, gw sama sekali ngga ngerti. Zenzen wakaranai! Sebegai orang yang sedang mengurus Kewarganegaraan Betawi, gw berusaha tetep  tenang, jangan sampe pengajuan perubahan kewarganegaraan gw--- dari minang jadi betawi--- ditolak, cuma gara-gara ga tau apaan tuh kebereg. Kebereg, maksudnya apaan ya, Bang? Ya begini ini, loe liat ndiri kan... jelasinnya susah. *mengamati bang Ji'ih yang lagi nginstal PC baru gw dengan LED 16''--- dicatat LED 16''---, jadi inget proses tranasaksi LED di Harco beberapa jam sebelomnya. “Mbak, ko yang laen pada bejendol ya, LED saya engga bejendol?” Tanya gw penasaran.  “Ooo...itu, Klo yang bejendol itu LCD, Mas... klo LED ga bejendol. “O gitu, berarti embak termasuk LCD.” kata Bang Ji'ih. Gw langsung berkesimpulan klo gw ama Bang Ji'ih termasuk LED. Pinter ya bang Ji'ih! :D

Balik lagi ke hubungan kebereg ama porses instalasi PC. Klo gw amatin emang bang Ji'ih ngerjainnya PC gw ga tenang, ada pikiran yang mengganjal, seperti diburu-buru, mungkin sebelom dia ke  rumah gw lupa matiin kompor or dia bawa sendok makan, takut bininya ga bisa makan, ga ngerti deh. Belom lagi masalah yg dihadapi PC baru gw, ga ada DVD-RW, Mother Board-nya ga bisa booting dari USB... bener-bener proses instalasi yang penuh tantangan... tapi dengan berbagai cara PC gw bisa terinstal “Jendela 7”. Salut buat Bang Ji'ih!

Kesimpulan gw, ketika orang kerja kebereg, keburu-buru, tidak fokus, kurang konsentrasi, percaya apa engga, believe it or not... he..he... kaya di tipi-tipi... jadi sering melakukan kesalahan bodoh! Belom lagi ditambah keisengan Tuhan *ini pikiran gw aja* yang bikin kerjaan makin ribet n riweh, butuh perjuangan untuk nyelesainnya. Ada aja, yang kabel power lupa belom dicolokin, koneksi USB yang tiba-tiba putus, yang harusnya pilih instal malah format, file yang ga bisa dikopi n kesalahan-kesalahan kecil lainnya yang bikin gemes. Kesalahan yang menurut gw ga akan terjadi dalam situasi normal.

Mmmmm, gw coba memahami, n nyimpen kata kebereg itu di 1200 cc gw yang makin menyempit. And gw mulai mencocokkannya ama pola kerja gw, yang emang lebih sering kebereg. Loe boleh ga percaya, otak gw malah jadi lebih encer, cenderung genius ketika berada dalam posisi terdesak. Bukan cuma sekarang aja, dari jaman kuliah udah begitu... klo dah mepet, waktu ngumpulin tugas udah makin deket, bukan itungan hari lagi tapi itungan jam, ngerjain tugasnya malah jadi lebih lancar. Klo soal nilai? Ya buktinya gw lulus tepat waktu, berarti ga ada  masalah donk.

Tapi bener, seperti yang dialami Bang Ji'ih, kerja dibereg, ga enak, stresfull, deg-degan...bikin rambut rontok, badan kurus, mata kuning.... eh lebay ya? Ga sampe segitunya sih. Intinya bikin stres n bawannya pengen pipis. Klo orang bule bilang, kaya ada kupu-kupu yang terperangkap di perut. Untung gw masih sodaraan ama Superman, my heart made of steal. Klo ga dah dari kapan tau gw kena serangan jantung.

Gw coba memotret diri sendiri supaya loe kebayang orang yang kerja kebereg kaya apa. Pertama, meja di kantor gw,  ga pernah rapi, buku yg mesti diedit, Kamus, BAP n dokumen impor yang mesti ditandatanganin, figure action naga gw,  gelas juragan kambing, n kertas-kertas fotokopian gagal, berserakan di atas meja. O iya, karet gelang ama kantong kresek, gw punya banyak di meja. Gw sering kerepotan klo butuh peralatan kantor, soalnya ketutupan sama semua yang berserakan tadi. Suka envy klo ngeliat meja Etta ama Tessa, dua temen di depan kubikal yang selalu rapi klo mereka mo pulang, dan dari cara kerja keliatan klo mereka yang mengatur irama kerjanya, mereka ga kebereg klo kerja. someday I'm gonna be like them.

Klo lo pikir itu cuma terjadi di kantor. Think again! Kamar gw? Worst. Rekor terlama kamar gw keliatan rapi, 1 hari. Tapi hebatnya gw apal loh lokasi-lokasi berantakan kamar gw, misalnya di bawah kasur ada mouse yang jatoh, di balik lemari ada pulpen, ini ada di bawah itu. Itu ketutupan ini. Selama kamar gw belum kena sentuh tangan orang lain, gw ga akan kerepotran nyari yang gw butuhin. Tapi tetep aja sih gw sering keilangan barang.

You know, kata Kebereg ini bener-bener hit the spot. Gw seperti habis dipukul ama palu di kepala bagian kiri setelah denger kata kebereg ini, otak kiri otak andalan gw. Gw bener-bener tersadarkan. Gw ga boleh terus-terusan bekerja, beraktivitas dalam kondisi ga tenang, dikejar-kejar. Membiasakan otak genius gw muncul pada kondisi terdesak. Gw harus jadi orang yang mengatur irama kerja, gw harus jadi orang yang memegang kendali, gw harus bisa mengeluarkan otak genius gw kapan aja gw mau, baik itu pada saat dibutuhkan or engga. Gw ga boleh dikendalikan situasi. Harus gw yang pegang kendali!

Gw penah baca di sebuah artikel, klo kita yang pegang kendali, semesta akan bersama kita, bahkan Tuhan pun ada di sebelah kita, Mestakung (Semesta mendukung) istilahnya. Ga akan ada lagi tuh kesalahan-kesalahan bodoh yang bikin sebuah tugas sederhana jadi ribet naujubilah. I really need that, Gw butuh Tuhan ada disamping gw, gw mau alam mendukung setiap tindakan gw. Yang harus gw lakukan cukup sederhana. Rencanakan, pegang kendali, pergunakan waktu dengan baik, that simple. Mmmmm, I can do that!

Kebereg.....pait..pait..pait..pait!
Dibereg No way!

Diketik di Zoe Caffee, Depok.  Meja no. 11 *mana sempet mati lampu*

2 comments:

  1. emang artinye kebereg paan bang? kite pan kgk ngarti...:p mohon penjelasannye ye hehehehe

    ReplyDelete
  2. Kapan juga elu kerja kebereg.
    Apa karena JD elu yang kagak jelas.
    Kadang SCTV kadang BCA.

    ReplyDelete