Friday, July 1, 2011

Kamu Nakal? Gw Sih Iya!

Mmmm…. , jadi ceritanya gini, Jum’at pagi abis sarapan roti pisang bakar keju di warung Juned depan kantor, seperti biasa gw langsung nyalain Komputer. Setelah buka beberapa penala wajib*halah kebawa bahasa editor, penala tuh link, gw langsung buka akun twitter gw. *Eh yg mo follow boleh ko’… @bang_nang  ga ada apa-apa sih di situ* :D. Satu pertanyaan meohok dari  akun @Prie_gs  ada di lini masa gw. Gw rasa loe dah pada tau ya Prie_gs tuh siapa, gw lupa dia sering siaran di radio apa, tapi klo denger suaranya, renyah, menenangkan hati, dunia damai rasanya. Gw yakin klo siarannya nyape ke jalur Gaza, jadwal siaran dia bisa di jadiin hari gencatan senjata, dua pasukan yang bertikai di sana, pas jam Prie_gs siaran pada nongkrongin radio untuk  mendapatkan pencerahan.

Buat loe yang belom tau, coba deh tanya om gugel, or liat-liat ke wiki. Ini sekadar informasi tentang Prie_gs.  Bapak ini adalah penulis buku-buku motivasi, dan juga seorang motivator yang buat gw, kesederhanaan gaya dan tulisannya adem. Selain suaranya yang renyah. Ini nilai tambah. 

Balik lagi ke lini masa twitter gw. Jadi disitu ada pertanyaan dari @Prie_gs;  Sebutkan rasa bersalah yang membuatmu haru sampai hari ini ? Tau ga, ga perlu waktu lama buat gw ngejawabnya, soalnya rasa bersalah ini masih tetep seger di kepala gw biarpun kejadiannya udah lama, berpuluh tahun yg lalu. *ups, ketauan umur gw banyak, tepok jidad* Mungkin otak gw rajin banget, ga pernah lupa untuk selalu “ngangetin” rasa besalah ini. Gw langsung jawab pertanyaan Prie_gs gini; “Minta uang jajan sama Mommy (Kucing Betina), nangis sambil nendang-nendang, trus kena lemari kaca. Pecah :( ” 

Yang bikin gw ga bisa lupa, n makin membesarkan rasa bersalah gw seiring bertambahnya umur, waktu itu Kucing Betina ga marahin gw, bungsu yang manja banget.  Dia dengan tenangnya, duduk bersimpuh deketin gw yang nangis megangin kaki yang luka kena pecahan kaca,-- gw malu donk mo minta tolong, akhirnya cuma pasang tampang melas, sesegukan ala Sule di OVJ--. n doi bersihin kaki gw dari darah. Gw lupa, waktu itu gw dikasih apa engga uang buat jajan yg gw minta. Tapi melihat kebiasaan kecil gw sih, klo abis nangis, terus gw kenapa-napa, abisannya di jajanin bakso.  Hi…hi… Enak!  

Abis itu, muncul secara otomatis rasa bersalah gw berikutnya. Muncul satu lagi “kenakalan”  gw yang susah ngelupainnya, n bikin nyesel sekaligus haru. Yang jadi korban kali ini Cuniang, kakak pertama gw. Waktu itu gw masih SMP, dan lagi keranjingan ding-dong. Ding-dong tuh apaan ? Waduh ribet nih jelasinnya… rental Play Station jaman dulu kali ya, gw rasa itu padanan yang pas. 

Jadi waktu itu Cuniang lagi hamil, ngerasa lemes, n kepengen makan buah. Secara jarak rumah ke pasar ga terlalu jauh, disuruh lah gw ke pasar untuk beli jeruk or apel.  Waktu berangkat, otak gw bersih, gw emang  niat ke pasar mo maen ding-dong dengan uang gw sendiri, toh gw juga megang uang ko’. *eh, gw keranjingan ding-dong orang rumah ga tau, jadi buat para orangtua, sedikit berbagi, pay more attention on your children behavior*   

Sampe di pasar, sebelom beli buah, gw maen ding-dong dulu, cepek masuk, maen kapal tempur 1492, dua cepek masuk, maen Street Fighter, tiga cepek, empat cepek, sampe akhirnya gw sadar klo uang gw dah abis. Tapi rasa penasaran belom ilang buat ngalahin raja terakhir, “Pinjem uang cuniang dulu deh, palingan berapa sih harga apel.” Permainan berlanjut, cepek-cepek berikutnya abis, dan raja terkhir belom kalah-kalah juga. 

JREENG! Ternyata uang dari Cuniang buat beli buah tinggal sedikit. Gw panik, soalnya dengan uang yg kesisa ga cukup buat beli sekilo apel, or jeruk. Akhirnya gw kelilingin tuh pasar untuk nyari buah yang murah. Udah pulangnya lama, gw pulang cuma bawa beberapa buah salak, mending  kalo salaknya manis. *tepok jidad*

Sampe di rumah, cuniang cuma tanya, “Ko’ belinya salak sih?” dengan enteng gw jawab, “Buah-buahan di pasar lagi mahal.” Gw langsung ngeluyur takut ditanyain lagi. Tau deh, Cuniang mungkin dah tau klo gw make uangnya.  Maap ya Cun, m(_ _)m. 

Dan ternyata, setelah 2 ulah “nakal” ini mucul, beruntun memori gw diterjang ingatan kenakalan-kenakalan yang tadinya tersimpan rapat dalam kotak Pandora otak gw. Damn, I am Bad! Bad Donatello! *nyentil kuping sendiri, sampe merah n makin caplang* Sepertinya gw harus segera membuat data kenakalan-kenakalan gw… mmm!

Katanya, kalo mau pinter, harus mengakui dulu kebodohan-kebodohan kita. Uje (Ustad Jefi) bilang, di acaranya “Bukan Empat Mata” Tukul, Ilmu yang kita miliki itu harusnya tidak digunakan untuk menilai or menghakimi orang lain, tapi untuk menyadarkan diri sendiri, betapa kita masih bodoh dan kekurangan, itu yang akan membuat kita berusaha belajar dan belajar lagi. I do agree… sangat setuju. Cukup Tuhan yang Maha Pintar dan Maha Hakim.

Begitu juga kalo gw mau benar, ini menurut gw loh, berarti harus mau mengakui dulu kesalahan-kesalahan dan tindakan-tindakan nakal gw untuk menyadarkan diri sendiri betapa gw nakal dan harus terus berusaha menjadi orang yang benar. Menjadi orang yang lebih baik. Itu sarat utama dan langkah pertama, mengakui!

Seorang teman bertanya, “Apa makna kesalahan dalam hidup Anda?” gw dengan yakin menjawab, “Saya melihat kesalahan sebagai bagian kecil dari proses pembentukan diri, hasil akhir diri saya, salah satunya tergantung pada bagaimana saya memperlakukan kesalahan, karena dalam hidup kesalahan itu ga bisa dihindari, bagaimana saya memperlakukan kesalahan menjadi hal yang penting.”

Mengakui kesalahan dan keburukan kita, secara teori gampang, tapi praktiknya…..? Mengakui kalo kita nakal, jahat, kita tidak baik, bukan hal yang gampang buat dilakuin, apalagi harus di depan banyak orang, ditambah lagi kalo loe udah “terjebak” masuk dalam manajemen pencitraan, satu noda aja bisa bikin baju loe compang-camping. 

Well, I’m not afraid! Gw ga takut untuk bilang klo gw nakal,  gw ga bener, bukan untuk pamer, bukan untuk tujuan pencitraan, tapi untuk membentuk diri gw menjadi Donatello akhir yang gw harapkan n cita-citakan. Gw siap menjalani proses “dibakar” dan “ditempa” asal di masa depan gw jadi pedang baja yang tajam, yang mampu menebas apa aja. Gw mau “diamplas” dengan ketras amplas yang kasar, asal hasil akhirnya adalah  maha karya, yang dikagumi banyak orang. Sekali lagi, I’m not afraid! Loe Nakal? Gw sih Iya!


Klo Kamu? Kamu Nakal?





3 comments:

  1. nakal gak ya??? *garuk garuk pala*

    ReplyDelete
  2. Not bad, just a little bit naughty. ;-)

    ReplyDelete
  3. interesting true story, tapi sekarang donatello dah kalem ga nakal lagi kok^^

    ReplyDelete