Thursday, October 14, 2010

Be My Little Sparrow

"Ware to kite asobe ya oya no nai suzume" Scenic

Ga ngerti kenapa haiku karya Kobayashi Issa yang satu ini begitu kena ke gw, n gw suka banget. Ada ribuan haiku karya bapak ini, tapi satu yang nyangkut n ga bisa lepas dari pikiran n hati gw ya yang ini. Mungkin karena gw merasa apa yg dirasain Issa, perasaan butuh akan suzume yang mau menemani n main bareng.

eh iya, nt klo ada yg baca ga ngerti nih, ta' jelasin dikit aja ya, klo mo lebih gooogling aja.
Haiku itu puisi pendeknya Jepang, dan ini termasuk puisi klasik yang mendunia, bahkan sekarang ga harus pake bahasa Jepang. Dan Kobayashi Issa adalah penyair kesukaan gw. thumbs upTrus, haiku di atas terjemahnnya gimana...? (pake bahasa inggris aja ya biar enak n ga kepanjangan terjemahannya)

"Come and play with me orphan sparrow."

This is how I feel now, really need the sparrow to stay by my side, listen to the tale I told, sharing stories, play with me. Pikiran n perasaan melo gw ngasih satu masukan..." mungkin loe lagi kangen ama kucing betina, itu aja paling." Iya bisa jadi sih, kayanya gw emang lagi kangen banget sama kucing betina, she was my little sparrow.

Bayangan gw langsung menerawang ke kucing betina, inget saat-saat gw suka ngerjain doi, sebelum ngasih tau yang bener....
"mom, bukannya prageti, tapi spageti."
Biasanya doi langsung ketawa lepas bener... gw juga ikut ketawa sambil pegang gigi, maksudnya biar doi sadar, jangan lebar-lebar ketawanya takut gigi palsunya copot... ngeliat gw ketawa sambil megang gigi doi ketawa makin kenceng ngabisin sisa ketawanya, trus benerin posisi gigi palsunya deh. lmao

It the same old joke and it happened over n over, and you know what, it still funny the same way. Pokoknya cerita "prageti dan spageti" selalu lucu, dan bikin kita ketawa lepas bareng bareng. Gw ga yakin kalo kucing betina ga bisa inget or ngomong spageti, sepertinya doi cuma seneng bercanda n becandain her little baby boy... n seperti gw bilang lucunya ga berkurang sedikit pun, that's the special give that God had given to us.

Now the sparrow had flew away...... Lonely gone to her favorite nest. I love you, Mom. Thank you for being my sparrow.

Now is the time for me to spend my day with other sparrow.

"Come and play with me Sparrow"

Ayo kita berbagi cerita, "How was your day? Find anything funny in the sky? Got anything for today? so what's new?" Ga jadi masalah apa yang kita bicarakan, sedih, ceria, penting, remeh, cerita bodoh dan konyol. Ketika kamu ingin bercerita, menumpahkan marah, berbagi ide, kedua telingaku untuk kamu, siap mendengar.

"Come and play with me Sparrow"

Ketika kamu menginginkan suasana tenang, diam, ingin bermeditasi, merenung, just give me a sign, clap your wings, I'll be disrepair from your sight.

"Come and play with me Sparrow"

Kalau kamu mau kita punya sarang yang baru, aku akan kumpulkan rantingnya, kita bangun sarang kita bersama.

Banyak yang ingin kita lakukan bersama

"Just come and play with me my little sparrow."

No comments:

Post a Comment