Sunday, November 6, 2011

Menepuk Air, Terciprat Muka Sendiri


He..he.. malu sendiri mo nulis, judulnya asik banget -menurut gw lho- “menepuk air, terciprat muka sendiri” artinya apa yang kita kerjain, kebaikan atau keburukannya akan kembali ke diri kita sendiri. Wow, that one sounds wise. Like it! Jadi, jangan salahin kalo gw tampil rapi, wangi, terbungkus tutur kata yang sopan, penuh pengetahuan dan menyenangkan, bikin aura jantan gw berpendar kuat. Wajar donk kalo para wanita pada nyimpe no telp gw -ngeeek- tau tuh yang nyimpen nomor hape gw pada normal ga ya... jadi ragu :D

Serius! Seperti yang sering terjadi sama gw, banyak hal-hal ga penting yang tiba-tiba nyelusup masuk ke dalam rongga 1.200 cc gw yang makin menyempit. Hal yang sama terjadi hari ini, setelah baru aja selesai, solat Idul Adha, di jalanan mobil sebelah masjid. Lho, kok loe sembayangnya di jalanan sih? Bukannya di dalem masjid kalo solat? Yah, itu salah gw sendiri kenapa bangunnya telat, trus ga dapet tempat deh, terpaksa di jalanan.

Coba kalo gw lebih siap seperti yang laen, bangun lebih pagi, pake baju rapi, wangi, bawa sajadah, koran buat alas, blackbarry, kopiah, kan enak.... Stop, hold for a second...! Tadi perlengkapan solat apa aja? Ya elah, kaya ga pernah solat di masjid aja... Baju rapi, disemprot minyak wangi kalo bisa, bawa sajadah, kopiah, balckberry....... ooop! BB buat apaan? Ya buat..., buat... buat apaan ya? Lah itu tadi mas-mas di sebelah gw bawa BB, pas khatib lagi ceramah, dia ketak-ketik lagi, berarti dia well prepared donk, lebih siap dari gw, sampe kepikiran buat ngetik n nyimpen ceramahnya khatib di BB-nya. Kalo gw yang keingetan cuma, gw punya janji sama Tuhan hari ini, buat ngelaksanaanin solat idul adha, ya persiapannya standar, ga gw bawa tuh Ipad , cuma baju rapi wangi, sajadah, n kopiah aja. Wisss, manteb Ipad, punya loe? Engga! -panjul-


Oke, lupain mas-mas yang nyatet ceramah khatib tadi. Balik lagi fokus pada hal ga penting yang menyusupi pikiran gw. Jadi ritual potong hewan kurban itu, sejarahnya merupakan bentuk ketakwaan Nabi Ibrahim kepada Allah, yang sampe siap mengorbankan anaknya. -Bagus tuh ceramah tadi, banyak hal baru tentang sejarah kurban yang gw ga pernah denger sebelomnya, sayang gw lupa nama khatibnya. Trus implikasinya kepada umat adalah, mereka yang merasa mampu, dianjurkan untuk berbagi kepada mereka yang tidak mampu, dengan cara menyerahkan hewan kurban, baik itu kambing, sapi atau unta. Gw ga akan ngebahas soal proses kurban, loe boleh baca, have some respect untuk bisa mengetahui gemana prihatinnya gw ama nasib hewan-hewan kurban.

Yang mo gw bagi sama elo semua sekarang, kok dengan adanya ibadah berkurban ini, dan udah berjalan bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, masih banyak aja mustahik (orang yang berhak mendapat hewan kurban), termasuk keluarga gw di rumah Jiban, masih aja dikirimin 1-2 kantong. Waktu ada kucing betina, gw suka marah tuh, “Mom, kita ga berhak, ga boleh, kita ga boleh nerima itu.” kucing betina waktu itu emang udah jande, tapi kan anak-anaknya mampu. Biasanya doi cuma senyum... trus dimasak deh, udah mateng dibagiin lagi ke tetangga. Jleeeb! Nyesek banget, itu akibat gw ngaduluin emosi, dari akal. Belaga lebih pinter dari kucing betina. Umur juga tuaan dia, pengalaman mah.. jauh kali, kalo soal agama bedanya kaya gedung kantor gw yang baru ama Tokyo Tower kali. Harusnya gw tanya dulu kali ya... I'm sorry, Mom, love u -peluk-

Di satu sisi gw agak bingung, kalo sampe kampung Jiban ngasih keluarga gw, yang ga masuk dalam kriteria yang berhak mendapatkan hewan kurban, itu artinya panitia kurban kesulitan mencari warga miskin di sekitar Jiban donk, berarti warga sini udah pada mampu, jadi lebih banyak hewan kurban dari pada yang berhak menerimanya, Mi scusi kalo analisa gw terlalu cetek. Tapi itu yang gw liat n simpulkan. Apa lagi didukung ama data lembaga-lembaga survei yang diluncurkan menjelang pemilihan, mo pemelihan presiden atau pemilihan kepala daerah, biasanya hasil surveinya adalah, bahwa jumlah warga miskin Indonesia menurun. Tuh kan, ga salah donk gw. Trus ada lagi hasil investigasi Metro TV yang bilang, 25% kepemilikan apatemen dan hunian di Singapura adalah atas nama warga Indonesia. Eh ini gw bukan ngomongin apartemen bersubsidi, or rusunami ya... ini apartemen or hunian mewah, haikles... adanya di pusat bisnis, di ibukotanya Singapura, yang harga permeternya bisa buat ngasih makan orang Se-Jiban setaun kali. Sekate-kate loe, pantangan orang Indonesia beli yang murah... pamali, kalo kata orang Padang mah.

Kalo ditelaah hasil surveinya, gw ga bisa ga setuju. Itu hasil survei yang valid, bener kok itung-itungannya, bener kalo jumlah warga miskin Indonesia menurun. Apalagi itu lembaga survei berisi orang-orang yang ahli dalam hal statistik. Ngerti banget lah mereka. Jadi menurut mereka, parameter yang digunakan, -halah parameter, gaya bener bahasanya, lulus kuliah juga hasil sontek, menurut KBBI yang bener sontekan bukan contekan- O iya mumpung inget, makasih bapak-ibu, om-tante yang udah ngasih sontekan, sehingga saya bisa lulus dengan mabrur. Balik lagi soal parameter, standar yang digunakan adalah, kalo penghasilan seorang warga negara Indonesia seharinya di atas $1, atau sembilan ribu sekian kalo di rupiahin, sudah tidak termasuk berada di bawah garis kemiskinan. Tuh, sehari penghasilan gw 10 rebu, sehari makan 3 kali, nasi kucing 3 rebu, cukup tuh makan 3 kali, sisa serebu... tabungin, 5 hari gw bisa ajeb-ajeb di bawah lampu senter tuh, kaya iklan di tipi. Sakit? Mana ada orang pas-pasan sakit. Yang sakit itu cuma orang kaya... jantung, stroke, hipertensi, orang pas-pasan paling sakit kulit, balurin pantat panci juga sembuh.

Jadi mo berterima kasih lagi nih... Ya, terima kasih buat bapak-ibu, para orang pinter dan ahli di lembaga survei, yang telah memberikan pemahaman dan “membukakan mata” kita tentang arti kemiskinan, dan memasukan gw ke dalam warga yang tidak miskin, karena berpenghasilan 10 rebu sehari. Jadi sekarang loe terbuka donk matanya, jadi ngerti donk... ya iya lah mata gw terbuka terus, ga bisa merem, mo tidur dimana coba, emang ada kontrakan 30 rebu per bulan. Tapi jadi bangga juga -walau kepaksa- masuk dalam kategori warga tidak miskin, makanya dengan bangga gw kalo ke POM bensin ngisinya Pertamax, karena gw tau Premium itu hanya untuk golongan tidak mampu, kalo ga salah cuma untuk angkot aja deh, untuk kepentingan umum bukan pribadi. Masa gw punya motor ga mampu beli pertamaxnya... yang lebih penting adalah, gw tidak mengambil yang bukan hak gw, gw tidak menggunakan hak orang tidak mampu. Please Lord God, forgive me, if I do such thing... Jangan sampai darah ini tercampur dengan hak orang lain, kuatkan iman hamba-Mu untuk tetap tidak mengambil hak orang tidak mampu, n tetap menggunakan pertamax, karena hamba tau, rezeki datang dari Engkau, Amin.

Di sisi yang laen nih, ketika banyak orang sedang bersuka cita menikmati sate or gulai kambing, gw nerima kabar, kalo temennya kakak gw dan keluarganya, diusir dari rumah kontrakannya karena ga mampu bayar sewa. Miris ga sih... jadi meragukan hasil survei para ahli itu...mmmm. Jadi ini salah tukang survei? Salah para pemilik apartemen mewah di Singapura? He..he... pasti loe nungguin gw ngomong, Salah gw? Salah temen-temen gw? Trus kamera zoom, kaya di sinetron, well gw ga akan ngomong gitu... :D Maksud gw, kita ga bisa salahin siapa pun, jadikan gep si kaya dan si miskin sebagai pelajaran. Gw selalu percaya sama satu ayat Allah yang bilang, “kalo kamu bersukur, pasti Aku tambah, kalau kamu ingkar, azab (siksa) Ku amat pedih.” jadi kata kuncinya bersukur.,, makanya (+), kalo ga bersukur hasilnya (-). sederhana banget ya....

Gw langsung ngaca, benerin poni, ngecek alis mata... senyum-senyum sendiri.... bener ya, gw ternyata beda tipis ama Sharuk Khan, -halah- *dilempar naskah, ini ngaca bukan arti harfiah, ngaca maksudnya loe melakukan instropeksi diri.... take two, ulang lagi. Gw langsung ngaca, jauh melihat ke dalam hati, apa gw termasuk orang yang bersukur? Tadi pas solat Ied, gw ga bawa koran buat alas sejadah, jadi bukan gw yang mengotori lingkungan masjid dengan meninggalkan sampah koran bekas alas solat. Mmmm, mengotori lingkungan masjid dengan sampah koran termasuk ingkar nikmat ga sih? Kok ya, ga elegan, ga mencerminkan gitu, itu lingkungan masjid lho, yang harus dijaga kebersihan dan kesuciannya. Kan bisa, dipungut lagi korannya dibawa pulang, kalo loe ngerasa ga butuh lagi, diambil aja trus buang ke tempat sampah. Kok ngeliat itu terjadi gw ngerasa kaya ngeliat orang pipis tapi ga cebok... maafin bahasa gw yang kampungan, tapi itu yang ada di pikiran gw.

Trus lagi, kok gampang banget dibuang, bukannya itu termasuk bermegah-megahan ya? Termasuk mubazir? Alah lebay loe, cuma selembar koran, Bro! Seberapa banyak sih.... bentar gw itungin ya... Tadi yang solatnya kaya gw, ga di dalem masjid ada sekitar 50 orang. Anggap seorang make satu lembar koran, berarti ada 50 lembar sampah koran mengotori lingkungan masjid. Masjid itu untuk satu RW, kalo kelurahan grogol selatan punya 15 RW berarti ada, 15 x 50 lembar sampah koran, Kecamatan kebayoran lama punya berapa kelurahan ya? Trus Jakarta Selatan itu punya berapa kecamatan.. trus kalo satu masjid di kotori sama 50 lembar koran, se-Indonesia di kotori berapa lembar koran?

God forgive me, please karena sudah menjadi bagian dari mereka yang mengotori lingkungan masjid. Maafin gw yang udah bermegah-megahan dengan berbuat mubazir terhadap kertas, padahal gw tau banyak orang yang ga bisa baca karena ga mampu beli buku or beli koran. Padahal banyak para orangtua yang mengeluh, betapa mahalnya harga buku sekolah anak-anaknya. Padahal gw mengerti banget berapa banyak pohon-pohon ciptaan-Mu yang harus tumbang cuma untuk memuaskan sifat bermegah-megahanku.

God, hear my promise, gw janji ga akan mengeluh, misuh-misuh, menuntut supaya harga buku or koran jangan mahal, kalo gw masih berbuat mubazir, bermega-megahan dengan kertas. Gw akan terima, kalo ternyata nanti gw ga sanggup lagi beli buku bacaan perbulan, gara-gara sifat boros gw.
Gw jamin, ga akan ada keluhan dari gw, kalo sampe gw ga sanggup lagi beli pertamax gara-gara sifat boros gw, yang memancing sifat curang para pengusaha licik, untuk menimbun bahan bakar, karena tau gw ga bisa mengontrol sifat boros berbahan bakar. Gw sadar kok, air yang menyiprat ke muka gw, karena ulah gw sendiri. Harga buku makin mahal, bukan salah pengusaha yang punya apartemen di Singapura. Itu salah gw. Trus harga bahan bakar mahal, juga bukan salah lembaga survei, itu tanggung jawab gw.

Tapi, Tuhan, kalo nanti gw udah hemat, tidak bermegah-megahan, tidak mengambil hak orang lain, bisa tolong bantu yakinin yang lain yang lain ya... Amin.

No comments:

Post a Comment