Saturday, September 24, 2011

Trus Bedanya Dimana, Om?




Udah cukup lama gw ga bercengkerama bareng Il Giallo, sepeda kuning kesayangan yang biasa nganterin gw ke kantor. Hubungan kita jadi istimewa sejak gw mutusin untuk B2W, Bike to Work. Il Giallo jadi transportasi kesayangan gw. Kalo nyuci nih, bersih banget, sayang aja tools gw ga lengkap, kalo iya, gw nyucinya bakalan sambil pretelin satu-satu, trus cuci yang bersih ampe keliatan kaya baru lagi. *Inget Honda Impressa, motor pertama gw, yg kalo nyuci pake pretelin dulu, butuh seharian cuma buat nyuci motor doang* =))

Balik lagi ke Il Giallo, emang semenjak bulan puasa, gw ga B2W, mo konsentrasi ibadah n menghormati orang yang beribadah, ga enak kan kalo bicycle pant n bulu kaki yang berjuntai-juntai sampe menggoda iman para wanita yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Alhamdulilah yah :D
Jadilah selama sebulan gw ga sepedaan, awalnya sih kangen badan terasa pegel-pegel, tapi lama-lama biasa kok' orang Padang bilang, biso alah biaso, bisa karena biasa.


Ternyata, yang tadinya diawalin dengan niatan mulia, menjaga iman para wanita, berakhir tragis. Apa lagi pas di hari raya -eh, bukan nyalahin puasa n hari raya loh- gw makin males sepedaan, n rajin banget nyemilin makanan dari rumah ke rumah. Pas ke rumah One, tante gw di Blok A, udah deh, gulai baga, rendang, gulai jengkol jadi cemilan gw. Udah gitu dapet lagi undangan makan gratis di The Buffet dari aa, ipar gw, jadi lah nyemil macem-macem di sana, makan kacang mete di rumah Onen di Parung. Pokoknya tiada hari tanpa nyemil. Tadinya gw pikir gw kena hipnotis yang menyebabkan mulut ini ga bisa berhenti bergerak, ternyata it happens to everyone di hari lebaran :D

Petaka terjadi ketika di pertengahan September waktu gw sedang memantaskan diri di depan cermin, “Oh My Goat... I'm Pregnent, Aku hamil...” -eh ini sengaja dibikin dramatis biar loe yang baca bisa ngebayangin gemana acting gw waktu itu, mudah-mudahan ga muntah-muntah n gatel-gatel... jika terjadi gejala-gejala demikian segera hubungi dokter Anda- gw langsung panik, sambil berurai airmata gw melempar diri ke atas kasur -gila gw jijik banget nulisnya, gapapa deh, demi fans yah-

Gw mengingat-ingat kembali siapa yang udah menjamah gw, gw cari-cari info, tanya temen-temen yang paham ilmu kedokteran dan mengerti anatomi tubuh manusia. Mereka bilang, “Gila loe Ndro, cowo tuh ga bisa hamil.” Gw masih tetep ga percaya, gw coba mastiin dengan nanya ke Om Google, -gw sangat mengandalkan om Google untuk banyak urusan. Jawab si Om, “Jangan becanda ya, Jawaban yang Anda cari tidak tersedia, silakan periksa kembali isi otak Anda.” Jawabannya menohok sih, tapi cukup meyakinkan gw kalo gw ga hamil, gw cuma kegendutan, agak melendung di bagian perut, itu aja! Gw kembali sumringah.... :D

Dengan tekad bulat dan keinginan kuat mengurangi kadar kebulatan perut -halah apa sih bahasanya- gw mulai lagi memutuskan bersepedaan ke kantor. Seperti yang gw prediksi, kembali bersepeda ke kantor bukan cuma butuh tekad kuat, tapi harus punya napas panjang. Belom nyampe kantor pala gw dah pusing, napas senen-kemis, mata berkunang-kunang. Secara gw anak jantan, pantang donk klo sampe pingsan, berentilah gw di depan gedung RRI, ngiket tali sepatu, 10 menit -ha..ha... itu proses ngiket tali sepatu yang paling lama yg pernah gw alamin- Alhamdulilah, nyampe kantor juga akhirnya, biar pun naek tangga harus sempoyongan.

O iya, yang gw mo omongin sebenernya berkaitan dengan sepeda dikit aja, tapi penting menurut gw. Gw belom cerita kan apa yang bikin gw memutuskan untuk B2W. Alasan utamanya emang untuk kesehatan, gw sadar umur donk, secara gw dah ga belia lagi, udah banyak baut n mur di tubuh gw yang kendor, minyak pelumas yang mulai berkurang dan lain sebagainya. B2W adalah salah satu cara gw menyiasatinya. Selain alasan itu gw tertowel dengan idealisme berlalu-lintas yang ditanamkan sama komunitas B2W. Seperti safety first, bersepeda dengan perlengkapan keamanan yang lengkap, helm, kacamata, sarung tangan, masker, dll. Intinya keselamatan kita sebagai pengendara sepeda lebih penting daripada nyampe kantor secepat mungkin, atau terhindar dari kemacetan. Bahkan setau gw ada bahasa-bahasa isyarat yang diajarin sama komunitas B2W kalo kita mau menyeberangi perempatan, berpindah jalur, atau mau mendahului kendaraan lain.

Pokoknya safety first! Ini sesuatu banget menurut gw, beda deh dengan perilaku para pengendara lain, yang kayaknya udah terlanjur brutal n liar karena imbas dari hanya tersedianya jalan yang sedikit untuk menampung kendaraan mereka yang makin membludak jumlahnya setiap tahun. Mereka harus berebut lahan dan mengabaikan aturan demi.... demi apa? Demi apapun yang mereka jadikan tameng. Mereka yang mengendarai sepeda BEDA, itu menurut gw!

Tapi seideal apapun idealisme yang coba ditanamkan kepada para pengendara sepeda, or segencar apapun kampanye yang dilakukan oleh komunitas, semua kembali berpulang kepada mereka si pengambil keputusan dan pelaksananya, ya... semua tergantung si pengendara sepeda itu sendiri. Apa yang menjadi prioritas, apa yang menjadi alasan utama mereka bersepeda, apa untuk kesehatan, untuk nyampe kantor lebih cepat, untuk menyalurkan hobi beraktobat, sebagai pelampiasan emosi di rumah, atau untuk menunjukan kalo bersepeda itu bebas aturan...

Tunggu...tunggu, sob! Kok' loe jadi sinis n skeptik gitu sih. Loh, maap-maap dikate nih, tapi ada beberapa hal dan kejadian yang gw saksiin sendiri di jalan, yang bikin gw bertanya-tanya, kok' begini sih? Harusnya kan ga gitu! Lah, terus bedanya dimana donk? Yup bener banget, gw lagi ngomongin perilaku berlalu-lintas beberapa pengendara sepeda.

Emang sih, jalur khusus sepeda yang cuma sedikit n diresmiin ama Bang Foke, Gubenur Betawi, sering dirampas penggunaannya ama mobil pribadi or abang ojek yang parkir di situ, tapi bukan berarti Om boleh mengambil hak pejalan kaki. Iya kan Tante, trotoar itu adalah hak pejalan kaki, jangan diambil. Lah, kalo Om dan Tante berperilaku sama dengan pengendara liar dan brutal yang sering kita cela n rendahkan itu, trus bedanya dimana? Berarti kita sama liar dan brutalnya, kita masuk dalam arena “pengguna jalan makan pengguna jalan lain” yang mau kita terima atau tidak sudah terjadi. Jangan ya, Om!

Begitu juga dengan rambu-rambu lalu-lintas. Lampu merah itu ada selain untuk mengatur kelancaran lalu-lintas, juga untuk menjamin keselamatan kita, pengendara, sampai ke tujuan. Jadi Tante, jangan donk diterobos lampu merahnya, ada orang-orang terkasih yang menunggu kita loh.
Kalo tujuan awal bersepeda adalah untuk kesehatan, pastikan kita sehat dan selamat dalam menjalaninya.

Gw bukan mau merendahkan kemampuan berakrobat Om dan Tante di jalan raya, gw yakin sebelom menerobos lampu merah udah diperhitungkan dengan matang semuanya, sebelom memutuskan berjalan di atas trotoar yang bergeludak-geludak, pasti udah diitung untung-ruginya, sebelom yakin untuk mengabaikan rambu-rambu or aturan-aturan berlalu-lintas yang berlaku, pasti Om dan Tante udah kalkulasikan. Tapi ada faktor X, yang kadang tidak masuk dalam perhitungan kita, entah karena lupa or kita abaikan, dan seringnya itu berakibat fatal, dan menjadi penyesalan seumur hidup.

Sebagai sesama pengendara sepeda, gw cuma mau berbagi pemikiran, or sekadar mengingatkan kembali tujuan awal, gw yakin itu di dasari niatan mulia, kenapa memutuskan bersepeda. Jangan sampe karena satu dan lain hal ahkhirnya kita menyesali keputusan mengendarai sepeda, yang sebenarnya itu karena kelalaian yang bisa kita antisipasi sebelumnya. Iya Om ya, Setuju ya, Tante... Drive safely....!

Kita beda kan, Om.....

No comments:

Post a Comment