Saturday, October 8, 2011

Mah, Ngayap Aja Terus, Jangan Pulang Sekalian!


Pah, tolong isiin pulsa 20 ribu ke nomor 0816 345 xxxx.
Ini nomor mamah yang baru.
Jangan nelpon, mamah lagi ada di kantor polisi.



Jam 6 pagi gw terima SMS kaya gitu, loe bayangin gemana ga panik. Belom juga lengkap 9 nyawa gw balik lagi ke raga, setelah mereka kelayapan saat gw tidur. Berarti kan dia ga pulang semalam, trus pake ketangkep polisi segala lagih. Pasti dugem nih malemnya, trus kena razia. Emosi lah gw. Gw yakin dia nih kayanya abis ajeb-ajeb di tempat jedag-jedug semaleman, ampe duit buat beli pulsa aja ga punya. “Mah, ngayap aja terus, jangan pulang sekalian!” kata gw dalam hati. Tapi, gw sebagai pria jantan ga tega donk, buru-buru gw bangun untuk beliin pulsa..... et..et... stop! tunggu dulu, #jari telunjuk ke pinggang, mikir bentar..... itu tadi bininya siapa ya? Perasaan gw belom punya istri. Andrea The Corrs sih sempet pengen ngelamar gw, tapi sayang dia keburu sadar... dukun gw kurang kuat jampe-jampenya.

Balik lagi soal SMS, Itu tadi bininya siapa? gw tanya. Trus kenapa minta isiin pulsannya ama gw? Selidik punya selidik, ternyata bukan cuma gw yang dapet SMS ajaib kaya gitu, n diaku-aku Papah ama Mamah ga jelas tadi. Yah, gw juga ga bisa menyalahkan para Mamah yang menginginkan gw menjadi Papah buat anak-anaknya ya, manusia punya batasan kemampuan untuk menahan diri dari hasrat, mo gimana lagi, aura gw begitu kuat. “aduh.... apaan sih?” #dilempar botol aqua isi 330 ml. “Iye, gw ngerti, keep focus! Jadi gitu, berapa temen gw sempet misuh-misuh gegara ketipu dan udah terlanjur isiin pulsa ke Mamah, “Gila! Gw panik lah, gw pikir bener bini gw ada di kantor polisi. Gw dah ga sempet mikir lagi.” kira-kita gitu penjelasan seorang teman. Kita palingan cuma bisa ketawa aja, ga bisa bantu-bantu. Palingan cuma bisa komentar, “Gebelek loe. Dul!” Ketawa gegulingan.


Awalnya SMS kaya gini lucu, sering jadi bahan becandaan, sehingga banyak variasinya. Kalo ga salah, salah satu provider yang mengaku pasang tarif paling murah -perasaan semua provider ngaku paling murah deh, ampe gatel-gatel badan gw kalo lagi nonton tipi di selingin iklan provider- sempet jadiin SMS mamah sebagai materi iklannya. Dan sepertinya berhasil menarik perhatian calon pelanggan.

Keberhasilan SMS mamah, ternyata membangunkan kreatifitas masyarakat Indonesia, terutama mereka yang punya naluri bisnis picik, gw ulang, bisnis P.. I.. C.. I.. K *jeng-jeng, ada backsound silet, biar dramatis* Soalnya “bisnis” ini memanfaatkan kelengahan para pengguna jasa provider, mereka yang gampang panik, yang mudah dirayu, gampang tergoda dengan diiming-imingi tulisan GRATIS, Bonus, dll. Mulai lah muncul SMS transfer ke rekening ***, muncul SMS yang menginformasikan kalo kita mendapat hadiah BB asal mengklik link tertentu, jadilah pulsa loe kepotong 2.000 – 5.000 setiap harinya, atau dengan kirim SMS berkode TP **** 10.000 spasi **** ke nomor tertentu. Gw baru tau kalo kode TP itu maksudnya transfer pulsa, artinya kita mengijinkan provider mentransfer pulsa 10 ribu ke nomor yang diminta. Sakit ati ga tuh! Sampe terakhir yang gw terima adalah, informasi selebritis, tren terbaru Syahrini.... -apa pentingnya buat gw coba- *tepok jidad*

Now, it's not funny anymore. Udah basi, ga lucu lagi menurut gw. Bener-bener mengganggu. Mereka udah semena-mena memperlakukan privasi kita sebagai pengguna layanan telepon. Ya, mereka, Penyedia jasa layanan (provider) dan penyedia layanan informasi ga jelas (kaya SMS Syahrini tadi). Provider, sebagai lembaga yang kita percayai untuk menyimpan data pribadi -kalo gw memberikan informasi sebenarnya ketika mendaftarkan no telp- ternyata telah gagal memberikan keamanan dan keyamanan buat gw, ko bisa-bisanya orang yang ga gw kenal, dan ga gw kasih no telp bisa mengirimkan SMS ke no gw. Gw masih menerima SMS yang tidak gw inginkan. Trus siapa lagi yang harus gw percaya?

Gw coba mencari tahu apa sih yang bikin bisnis picik ini subur di Indonesia, -bener-bener menjamur, sehari gw bisa terima 5-10 SMS sejenis- selain masalah perlindungan hukum yang ga jelas, -capek bahasnya kalo soal ini dibahas pasti muter-muter di situ aja- ternyata UANG, gw kaget banget pas baca Kompas 5 Oktober 2011, ternyata keuntungan yang mungkin di raih dari layanan ga jelas itu mencapai angka 100 miliar. O... My....Goat. Kalo 100 miliar loe belin kembang tahu, satu stadion Senayan kelelep kali tuh.

Dan loe tau gemana cara kerjanya, ternyata untuk bisa mengirimkan layanan ga jelas -informasi “sesuatu” nya Syahrini- ke no hape loe n gw, si penyedia layanan ga jelas harus bekerja sama dengan provider, dengan sistem bagi keuntungan. Uang! Kalo gw sebagai provider, gw ga akan senaif itu dengan nolak keuntungan 50 miliar dengan risiko yang kecil, iya lah, klo ada apa-apa, kan yang kena si penyedia jasa layanan ga jelas, provider aman donk. Kasusnya jadi remang-remang. Trus kenapa no. hape para pengguna layanan Anda bisa sampe tersebar? itu kerjaan oknum... :D katanya sih gitu. Dan ternyata bener, seorang “oknum” bisa menyediakan data base no hape provider tertentu, hanya dengan membayar 150 ribu, loe dah bisa dapet 1.000 an no hape. -madekipe- #urek-urek chip telp yang udah ga kepake, sebagai pelampiasan.

Gw inget seseorang bilang, dalam setiap kejahatan, semua orang yang memuluskan proses terjadinya kejahatan harus mendapatkan hukuman, besar-kecilnya bergantung pada seberapa besar kontribusi dan andilnya dalam kejahatan tersebut -halah, bahasa gw, kaya ngerti soal hukum aja- kaya gini aja, dalam kasus suap yang lagi marak nih. Penyuap dan yang disuap adalah orang yang bertanggung jawab, n mereka, masing-masing mendapatkan hukuman atas kejahatannya. Dan gw rasa hal yang sama harus dilakukan pada kasus SMS penyedot pulsa ini.

Tapi apa itu semua mutlak kesalahan provider dan penyedia layananan ga jelas yang tadi gw ceritain? Menurut gw kita juga punya andil dalam menumbuhsuburkan mereka. Yup, budaya kita yang permisif kadang jadi titik lemah kita, seperti kriptonite buat Superman, seperti bulu ketek buat Samson Betawi, seperti peluru perak buat Bang Pitung. Permisif, pemaaf adalah sifat baik, tapi kalo kita sampe dirugikan, kalo ga mo dibilang dirampok, kita harus mengambil tindakan tegas. Sampe hari ini hukuman yang paling kuat, dan mampu membuat terjadinya perubahan adalah, hukum sosial, dan itu harus kita kenakan kepada provider nakal yang membiarkan perusahaannya dijadikan “alat” untuk menipu pelanggannya. Gw setuju sama mereka yang berinisiatif membuat posko pengaduan untuk mereka yang pulsannya dirampok. Kalau perlu buat dan publikasikan data statistik berdasarkan tingkatan berapa banyak pelanggan provider tertentu yang ketipu. Dari pelanggan provider yang paling banyak ketipu, sampe provider yang paling banyak ikut terlibat menipu. #just an idea.

Tapi ga adil juga kalo perbaikan dan tuntutan hanya diarahkan ke luar. Ke dalam kita juga harus melakukan koreksi. Karena biasanya penyedotan pulsa terjadi atas persetujuan dari kita, dengan mengklik atau mengirimkan SMS balasan, atau melakukan registrasi. Sudah lah guys, “no free cookies in this world” -ngutip omongan spongbob- jadi ga ada tuh orang ujug-ujug SMS loe trus ngasih tau kalo elu memenangkan sebuah BB, yang loe perlu lakukan cuma SMS balik or klik link yang dia kasih. It's all chicken sh***! Note this keyword, “No free cookies!” Loe mo punya BB, kerja, nabung... BB termurah satu koma tujuh, yang termahal, berapa ya? Lima atau enam juta kali. Intinya you must earn it.

Yuks kita kasih hukuman sosial kepada provider dan penyedia layanan nakal, dengan mengabaikan SMS yang ga penting n merampok kita itu, kalo hape loe secanggih hape beberapa temen gw, yang bisa melakukan blok, bounce, blacklist, or reject. Lakukan! Lakukan seperti apa yang gw lakukan, abaikan, jangan beri kesempatan kepada mereka untuk makin menindas kita, kesempatan untuk mereka meluaskan cengkraman, kesempatan mereka untuk memperbanyak bisnis licik mereka. Kita punya kekuatan memberikan hukuman sosial itu. :D
Jadi guys, kalo Mamah kirim SMS, abaikan aja, jawab dalam hati,
“Mah, ngayap aja terus, jangan pulang sekalian!”

@Monticello, little italian cafe, Ginger Mochiatto + Lasagna

No comments:

Post a Comment