Wednesday, September 11, 2013

How to -nya upgrade Nexus 7 ke Jelly Bean 4.3



Jadi Ceritanya Maret kemaren, gw baru punya Nexus 7, Keluaran Asus…. Ini pertama kalinya pake Asus, terus terang gw dari dulu lebih prefer make keluaran Motorola or Dell, ini udah teruji oleh gw… #ini bukan promo yah, tapi testimoni :D

Terus kenapa beli? Biasa, gw kemakan “woro-woro” kali ini woro-woronya Mark Sutthleworth, dedengkotnya Ubuntu, dia nyobain nginstal Ubuntu di Nexus 7,  gempar lah para kisanak Linux, dan setau gw banyak yang beli untuk ikut-ikutan nyoba install Ubuntu di Nexus 7, dari forum yang gw baca, mereka berhasil, bahkan bukan cuma Ubuntu, ada yg Arc Linux, Fedora bahkan Opensuse, tapi sih kesimpulannya sama, belum sempurna, ga berjalan dengan baik semua, masih butuh pengembangan.

Anyway, gw namain Nexus 7 gw “Encus Gon7ales”, gw dah janji, si Encus ga bakal gw utak-atik sebelom garansinya absis, ternyata kegatelan gw ga tertahankan lagi, akhirnya jadi deh gw oprek2….

Encus, defaultnya cuma Jelly Bean 4.1, kalo pun diupdate pake softwarenya cuma bisa maksimal sampe Jelly Bean 4.2.2, itu udah mentok tiap diupdate pasti bilangnya Si Encus udah up to date. Kecuali kalo loe beli Nexus 7 sekarang-sekarang ini, baru deh defaultnya Jelly Bean 4.3 yang katanya memberi pengaruh signifikan buat Nexus 7.

Ga terima dengan kondisi ini, gw cari deh tutorial supaya si Encus bisa pake baju Jelly Bean 4.3,  Ok kisanak, berikut langkah-langkahnya;

Perhatian!!! Meng-update dengan cara yang gw akan jelaskan ini, secara otomatis akan menghilangkan garansi Nexus 7 loe,  juga menghapus semua data, jadi lakukan back-up dulu, kalo loe ga kegatelan kaya gw mending terima aja Nexus 7 dengan OS Jelly Bean 4.1 loe.

Ok kita mulai, Yossssh!!!
O iya, untuk melakukan ini gw menggunakan laptop Dell Vostro 1014 yang terInstall Linux, OpenSuse 12.3. Kalo tutorial yang gw sih baca bisa juga dilakukan di Windows,  tapi gw males aja bacanya, dan gw rasa di OSx juga bisa.

Ok, berikut langkah2nya;




# Langkah Pertama
Gw pastiin kalo Opensuse 12.3 gw udah di setting untuk bisa mengakses tablet Nexus 7 via kabel USB; Caranya ada di sini Lihat di bagian "Configuring USB Access" Sebelumnnya pastikan USB Debugging di contreng (ada di Setting>> Developer Option; kalo ga bisa tap terus aja berturut-turut sampe 7 kali klo ga salah, opsi Developer akan aktif).

Di situ loe diminta bikin file dengan nama “51-android.rules” (tanpa petik dua) di folder /etc/udev/rules.d/  ;Kalo gw caranya gw copy, salah satu file yang ada di folder /etc/udev/rules.d/ trus gw rename, jangan lupa isi file di delate trus copy paste script yang ada di  link tadi  Trus “username” di script, loe ganti ama username loe di linux.

Kalo loe ga bisa bikin file di situ, berarti ada masalah dengan hak akses, lakukan perintah berikut di terminal linux loe.

$ sudo chmod –R 777 /etc/udev/rules.d/
masukin password loe, annnnddd, voila, loe dah punya hak akses.

Ok, selesai satu urusan.

# Langkah Kedua
Download Android 4.3 untuk Nexus 7 loe dari sini : klik yang Nexus 7 Wifi

Penting!!, jangan salah donlot file, nama file loe harus nakasi-JWR66V, gw ampe 3 kali salah donlot file, yang pasti jadi bricked, jammed, stuck, ga bisa diapa-apain, soalnya nama filenya macem-macem n utk kebutuhan yang beda-beda. Ada juga yang nama filenyanya nakasi-JWR66Y, mirip kan…..

# Langkah ketiga
Extract file Android 4.3 tadi, misalnya, ke folder /Documents/ ; maka file-file Android 4.3 akan berada di /Documents/nakasi-jwr66v/
Kita bakalan butuh software "fastboot", ini adanya di paket SDK Android. Loe  bisa download dari sini

Pilih yg ADT Bundle, jangan cuma yang SDK, pastinya buat OS linux donk, soalnya ada pilihan mo utk Windows, Linux apa Mac. Trus…

Extract paket SDK Android dimana aja, trus copy software "fastboot" (biasanya ada di folder "platform-tools") ke /Documents/nakasi-jwr66v/

# Langkah Keempat
Sambungin tablet Nexus 7 ke komputer loe dengan kabel USB.  Lanjut,  Dari posisi (off) mati, boot Nexus 7 ke bootloader, caranya teken tombol Volume Down + tombol Power- tahan sampai muncul layar dengan gambar robot Android yang sedang dibedah.



# Langkah Kelima, 
Copy-Paste perintah-perintah berikut ini di Terminal :

$ cd /Documents/nakasi-jwr66v/
$ sudo ./fastboot erase boot
$ sudo ./fastboot erase cache
$ sudo ./fastboot erase recovery
$ sudo ./fastboot erase system
$ sudo ./fastboot erase userdata
$ sudo ./fastboot flash bootloader bootloader-grouper-4.23.img
$ sudo ./fastboot reboot-bootloader
$ sudo ./fastboot -w update image-nakasi-jwr66v.zip

Semua proses berjalan dalam itungan detik, rata-rata 2-3 detik, kecuali  $ sudo ./fastboot -w update image-nakasi-jwr66v.zip Ini bisa 10 – 15 menit, jadi yang sabar yah….

Kalau ada tulisan ….. not found abaikan saja, gpp kok.

# Dan this is it….!  Android Jelly Bean 4.3 udah terpasang. dan Encus Gon7ales gw kembali seperti tablet baru lagi :-), untuk ngeceknya masuk ke pilihan Setting>> About Tablet

Udah deh tinggal setting-setting kaya tablet baru ajah…. (setting bahasa, username ,email Gmail, dst)

# OPSIONAL : Abis setting tablet Encus, posisi bootloader unlock (terbuka). Untuk mencegah beberapa error yang mungkin terjadi, lock (kunci) lagi aja. Caranya gampang, Matiin dulu tablet Nexus 7 loe, booting ke bootloader lagi, dengan menahan tombol Volume Down + Power.

# Abis muncul lagi layar bootloadernya, copy-paste 3 baris perintah ini di Terminal : 

$ cd /Documents/nakasi-jwr66v/
$ sudo ./fastboot oem lock
$ sudo ./fastboot reboot

Udah deh, selesai…!

Ini Gan Penampakan Encus Gon7ales, kalo mirip-mirip2 Ipad itu soal Theme aja gan,  Tutorialnya ada di sini.

















Referensi : 



No comments:

Post a Comment